Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG DAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA LOOSE PART PADA KELOMPOK A DI TK PERTIWI 2 TAMBAKSARI KECAMATAN BLORA KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022 -Cd Skripsi
ABSTRAK
Leny Puspitasari, NPM. B2618110370. Peningkatan Kemampuan Berhitung
dan Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Loose Part Pada Peserta
Didik Kelompok A di TK Pertiwi 2 Tambaksari Kecamatan Blora
Kabupaten Blora Tahun 2021/2022. Jurusan PG - PAUD Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Universitas IVET. Semarang. 2022.
Tujuan dalam penelitian ini yakni Mendeskripsikan Bagaimana Upaya
Peningkatan Kemampuan Berhitung dan Mengenal Konsep Bilangan Melalui
Media Loose part Pada Peserta Didik Kelompok A di TK Pertiwi 2 Tambaksari
Kecamatan Blora Kabupaten Blora Tahun 2021/2022. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan (action research) dengan subjek dalam penelitian ini adalah
TK Pertiwi 2 Tambaksari Kecamatan Blora Kabupaten Blora sebanyak 13 anak.
Ditemukan masalah terkait kemampuan berhitung dan mengenal konsep bilangan
anak. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
bahwa melalui kegiatan Berhitung dan Mengenal Konsep Bilangan melalui Media
Loose Part dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak di TK Pertiwi 2
Tambaksari Blora. Kinerja guru dalam setiap siklus mengalami peningkatan yang
signifikan. Awalnya guru belum menerapkan kegiatan berhitung dan mengenal
konsep bilangan melalui media loose part dalam proses pembelajaran, khususnya
untuk meningkatkan kognitif anak. Secara kuantitatif dan berdasarkan hasil
observasi didapat hasil pada siklus 1 ketercapaian rata-rata adalah 62% (8 anak).
Kemudian pada siklus 2 ketercapaiannya naik menjadi 85% (11 anak).
Berdasarkan simpulan tersebut, maka peneliti menyarankan agar guru kelas
sebagai ”kunci sentral” pelaksanaan pembelajaran, seyogyanya memahami dan
mampu mengaplikasikan materi/media pembelajaran melalui loose part dalam
proses belajar mengajar, sehingga nantinya efektivitas dari hasil penelitian ini
dapat terus berlangsung.
Kata Kunci : Loose Parts, berhitung dan mengenal konsep bilangan.
347/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain