Text
Skripsi : PENINGKATAN PEMAHAMAN HITUNG DASAR MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA LIDI HITUNG PADA PESERTA DIDIK KB PERMATA BUNDA MAYONG LOR KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA - Cd Skripsi
ABSTRAK
Denis Ainiatus Sofa , 2619230355, “Peningkatkan Pemahaman Hitung Dasar
melalui Metode Demonstrasi dengan Media Lidi Hitung pada Peserta Didik KB
Permata Bunda Mayong Lor Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara”, Skripsi,
Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Ivet, 2021, 67 halaman.
Latar belakang penelitian: sebagian Anak di KB Permata Bunda Mayong
Lor memiliki pemahaman hitung dasar yang masih rendah, sehingga untuk
meningkatkan pemahaman hitung dasar tersebut peneliti bekerjasama dengan guru
lain sebagai kolaborator melakukan tindakan kelas melalui metode demonstrasi
dengan media lidi hitung.
Tujuan penelitian: 1) mendeskripsikan proses pembelajaran materi hitung
dasar yang dilakukan oleh guru KB Permata Bunda Mayong Lor; 2) menganalisis
penerapan metode demonstrasi dengan media lidi hitung dalam meningkatkan
pemahaman materi hitung dasar pada peserta didik KB Permata Bunda Mayong
Lor Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dengan 2 (dua) siklus, setiap
siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di KB Permata Bunda
Mayong Lor yang berjumlah 15 anak. Teknik pengambilan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data
digunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian: Kemampuan pemahaman hitung dasar pada anak KB
Permata Bunda Mayong Lor dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi
dengan media lidi hitung setelah dilakukan survey awal pada pra siklus diperoleh
skor 11 atau 73,33% dari 15 anak dengan kriteria belum berkembang, yang sebelumnya
didasarkan pada data sekolah diketahui ada 10 anak (66,67%) dari 15 anak yang
kemampuan pemahaman hitung dasar belum berkembang. Penerapan metode
demonstrasi dengan media lidi hitung efektif dapat meningkatkan kemampuan
hitung dasar pada anak KB Permata Bunda Mayong Lor diperoleh dari skor
rata-rata tindakan padsa siklus II yang diperoleh 12 atau 85%, sedangkan
indikator keberhasilan ditetapkan minimal secara individu dan klasikal
mendapatkan skor rata-rata 75%, karena 75% < 85% maka hipotesis tindakan:
”Melalui penerapan metode demonstrasi dengan media lidi hitung dapat
meningkatkan pemahaman hitung dasar bagi peserta didik KB Permata Bunda
Mayong Lor Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara pada semester ganjil tahun
pelajaran 2021/2022” dinyatakan diterima
Kata kunci: hitung dasar, lidi hitung.
350/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain