Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA KANTUNG PINTAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB AL- MA’RUF KEMBANGAN BONANG DEMAK - Cd Skripsi
ABSTRAK
NUR AZIZAH (B.2618110318), Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan
Melalui Media Kantung Pintar Pada Anak Usia 4-5 Tahun di KB Al-Ma’ruf Bonang
Demak. Skripsi program studi PG-PAUD Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan
Universitas Ivet Semarang. 64 halaman.
Berdasarkan undang –undang No 20 tahun 2003 tenang sistem pendidikan nasional
berkaitan dengan pendidikan anak usia dini tertulis pada pasal 28 ayat 1 yang berbunyi “
pendidikan anak usia dini diselenggarakan bagi anak sejak lahir sampai dengan enam
tahun dan bukan merupakan prasyarat unuk mengikuti pendidikan dasar” selanjutnya
BAB I pasal 1 ayat 14 ditegaskan bahwa Pendidikana Anak Usia Dini adalah suatu upaya
pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang
dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbauhan dan
perkembangan jasmani dan rohani agar mereka memiliki kesiapan dalam memasuki
pendidikan lebih lanjut.
Peneliti sebagai Pendidik di KB Al-ma’ruf Bonang Demak dalam melaksanakan
tugasnya menjumpai kenyataan bahwa anak –anak di KB Al-ma’ruf Bonang Demak
penngeahuan dalam mengenal bilangan belum memenuhi standarat capaian yang
ditetapkann lembaga, hal ini disebabkan karena pemebelajaran mengenal bilangan selama
ini kurang menarik anak untuk bisa menyukai kegiatan mengenal bilangan. Oleh karena
itu peneliti mengajukan penelitian unuk mengatasi masalah tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep
bilangan melalui media kantung pintar pada anak kelompok A di KB Al’maruf
Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek
yang diteliti adalah anak-anak kelompok A di KB Al-ma’ruf Kecamatan Bonang
Kabupaten Demak yang berjumlah 10 anak, terdiri dari 6 anak laki-laki dan 4 anak
perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi.
Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang berbentuk checklist. Teknik
analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep bilangan pada
anak melalui penggunaan media kantung pintar, hal ini dibuktikan pada kemampuan
awal pemahaman konsep bilangan yaitu 45,3% termasuk dalam kriteria tidak baik, pada
Siklus I meningkat 16% menjadi 61% termasuk dalam kriteria cukup, dan pada Siklus II
meingkat 19% menjadi 80,8% termasuk dalam kriteria baik. Langkah-langkah yang
dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan yaitu guru
mengenalkan media kantung pintar pada anak, setiap anak memperoleh satu media
kantung pintar, anak mengurutkan dan menunjukkan lambang bilangan 1-10,
menghubungkan lambang bilangan 1-10 sesuai dengan jumlah gambar dan
menghubungkan lambang bilangan 1-10 dengan benda nyata yang telah disediakan.
Kata Kunci : Bilangan, Media Kartu, AUD
353/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain