Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI METODE BERMAIN ULAR TANGGA PADA PESERTA DIDIK POS PAUD PUTRA DESA KRAJANBOGO BONANG DEMAK -Cd Skripsi
ABSTRAK
Lissawatun (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10
Melalui Metode Bermain Ular Tangga pada Peserta Didik Pos Paud Putra Desa
Krajanbogo Bonang Demak. Skripsi. PG_PAUD. Fakultas Keguruan Ilmu dan
Pendidikan. Universitas Ivet. 83 halaman.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 28 menyatakan bahwa POS
PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak usia 0-6 tahun
yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu
pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak siap dalam
memasuki pendidikan lebih lanjut.
Perkembangan kognitif AUD dibagi menjadi tiga tahapan yaitu: 1)
pengetahuan umum dan sain, 2) konsep bentuk, ukuran, dan pola 3) konsep
bilangan, lambang bilangan, dan huruf. Pemahaman konsep bilangan merupakan
dasar dan pondasi yang kuat bagi anak dalam mengembangkan kemampuan
matematika pada tahap selanjutnya yang kompleks.
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan
kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui metode bermain ular
tangga pada peserta didik Pos Paud Putra Desa Krajanbogo Bonang Demak.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang menggambarkan
gejala berdasarkan fakta yang ada. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK
yang terdiri dari dua siklus, dengan empat langkah, yaitu: 1) Perencanaan, 2)
Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi.
Hasil penelitian bahwa Peningkatan kemampuan mengenal lambang
bilangan 1-10 anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan pembelajaran menggunakan
metode bermain ular tangga pada peserta didik Pos Paud Putra Desa meningkat,
pada kegiatan Prasiklus menunjukkan nilai 33,33%, siklus I naik menjadi 64,00%,
dan siklus II naik menjadi 82,00%.
Kata kunci: Lambang Bilangan, Metode, Ular Tangga
355/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain