Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Skripsi : PENERAPAN METODE BERMAIN PUZZLE DALAM UPAYA
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA
DIDIK USIA 4-5 TAHUN DI TK MARSUDIRINI DESA
KARANGROWO KECAMATAN WONOSALAM
KABUPATEN DEMAK - Cd Skripsi

Text

Skripsi : PENERAPAN METODE BERMAIN PUZZLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK USIA 4-5 TAHUN DI TK MARSUDIRINI DESA KARANGROWO KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK - Cd Skripsi

Aliyah , Anik Sofwatul - Nama Orang;

ABSTRAK
Anik Sofwatul Aliyah (2022). Penerapan Metode Bermain Puzzle dalam Upaya
Peningkatan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Usia 4-5 Tahun di TK
Marsudirini Desa Karangrowo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak.
PG_PAUD. Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan. Universitas Ivet. 90
halaman.
Pendidikan anak usia dini sangat di perlukan untuk membiasakan diri dan
mengembangkan pola pikir anak, PAUD adalah sebuah fase pendidikan yang
pelaksanaannya bermain sambil belajar dengan media atau alat permainan. Untuk
mengembangkan aspek kognitif anak usia dini perlu dibekali dengan pengalaman
belajar yang dirancang berdasarkan kemampuan anak, salah satunya dengan
menggunakan metode bermain puzzle. Bermain puzzle membutuhkan ketelitian,
anak akan dilatih untuk memusatkan pikiran, berkonsentrasi ketika menyususn
kepingan-kepingan puzzle tersebut hingga menjadi sebuah gambar yang utuh dan
lengkap
Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan ada tidaknya peningkatan
kemampuan kognitif anak setelah diberikan pembelajaran dengan metode bermain
puzzle pada peserta didik usia 4-5 tahun di TK Marsudirini Desa Karangrowo
Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah, yaitu: 1)
Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan
data menggunakan triangulasi data yaitu: Dokumentasi, Observasi, dan
Wawancara.
Hasil penelitian bahwa Peningkatan kemampuan kognitif anak usia 4-5
tahun melalui kegiatan pembelajaran menggunakan metode bermain Puzzle pada
peserta didik TK Marsudirini meningkat. Pada kondisi awal nilai menunjukkan
angka 25,00%, siklus I naik menjadi 52,50%, dan iklus II naik lagi menjadi
84,17%.
Kata kunci: Kognitif, Metode, Puzzle


Ketersediaan
356/PAUD/PUS/II/2022378Perpustakaan Pusat (Skripsi)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
378
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
21x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG - PAUD
356/PAUD/PUS/II/2022
B2618110316
Anik Sofwatul Aliyah
Info Detail Spesifik
Hard Cover Skripsi Warna Biru Cd Skripsi Jurusan Pg Paud
Pernyataan Tanggungjawab
Anik Sofwatul Aliyah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENERAPAN METODE BERMAIN PUZZLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK USIA 4-5 TAHUN DI TK MARSUDIRINI DESA KARANGROWO KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik