Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DENGAN MENGGUNKAN POHON KATA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MARSUDIRINI WONASALAM DEMAK -Cd Skripsi
ABSTRAK
Sri Purwanti Septembria (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan
Anak dengan Menggunkan Pohon Kata Berambar pada Anak Usia 5-6 Tahun di
TK Marsudirini Wonasalam Demak. Skripsi. PG_PAUD. Fakultas Keguruan Ilmu
dan Pendidikan. Universitas Ivet. 100 halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca
permulaan anak usia 4-5 tahun menggunakan media pohon kata bergambar di TK
Marsudirini Wonosalam Demak tahun ajaran 2021/2022. Hal ini dilatar belakangi
oleh rendahnya kemampuan anak dalam membaca permulaan. Subjek penelitian
yakni 15 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan.
Objek penelitian yakni kemampuan membaca permulaan. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen lembar observasi yang
berbentuk check list, indikator yang diteliti yakni indikator kemampuan mengenal
simbol huruf A-Z, indikator mengenal suara huruf awal dari nama benda, dan
indikator membaca nama sendiri.
Teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif. Indikator
keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika persentase masing-masing indikator
kemampuan membaca permulaan pada anak telah mencapai 80% dengan kriteria
baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa media kartu kata dapat meningkatkan
kemampuan membaca permulaan.
Pada tahap prasiklus persentase rata-rata ketercapaian anak baru mencapai
prestase 33,33%, pada pelaksanaan siklus I persentase yang dicapai sebesar
50,00%, dan pencapaian kemampuan membaca permulaan pada siklus II sebesar
84,44%. Peningkatan dari pratindakan ke siklus I sebesar 16,67%, dan
peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 34,44%.
Kata kunci: Membaca Permulaan, Pohon Kata Bergambar
360/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain