Text
Skripi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PRIMER MELALUI BERMAIN AIR PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK BERMAIN KEPOMPONG DESA BUMIHARJO KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK - Cd Skripsi
ABSTRAK
Lilik Nurainiyah, NPM : B2618110315, Peningkatan Kemampuan Mengenal
Warna Primer Melalui Bermain Air Pada Peserta Didik Kelompok Bermain
Kepompong Desa Bumiharjo Kecamatan Guntur Demak. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna
anak melalui metode bermain air warna pada anak Kelompok Bermain
Kepompong.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan
dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek
penelitian ini adalah 10 anak Kelompok Bermain Kepompong, yang terdiri dari 6
anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan
melalui observasi dan dokumentasi. Kemampuan mengenal warna dikatakan
berhasil menunjukkan 70% dari jumlah anak termasuk dalam kriteria baik dan
sangat baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain air dapat
meningkatkan kemampuan mengenal warna anak. Kemampuan mengenal warna
anak sebelum dilakukan tindakan ada 40% anak yang mampu dengan kriteria baik
dan sangat baik. Setelah adanya tindakan kemampuan meningkat hingga 80%
anak dengan kriteria baik dan sangat baik.
Kata Kunci : Mengenal Warna, Bermain Air, Anak Usia Dini
365/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain