Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KEGIATAN MERONCE PADA ANAK KELOMPOK B TK KARTIKA PUTRA BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 - Cd Skripsi
ABSTRAK
LUKLUUL MAKNUN, NPM : B2618110341. “ Upaya Meningkatkan Kemampuan
Geometri Melalui Kegiatan Meronce Pada Anak Kelompok B Tk Kartika Putra Bonang Demak
Tahun Pelajaran 2021/2022 “. Demak, Jurusan PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Ivet Semarang, 2022.
Dunia anak-anak, sudah dikenal bentuk-bentuk geometri. Bentuk geometri telah diperkenalkan
sejak anak berusia dini. Di sini guru dituntut untuk dapat menjelaskan secara benar mengenai bentuk
geometri.Tapi tidak semua guru mempunyai kemampuan untuk menjelaskan pembelajaran tersebut secara
tepat kepada anak sehingga kebanyakan anak tidak tertarik dan tidak memahami penjelasan dari guru. Para
tokoh konstruktivis seperti Piaget dan Lev Vygotsky menyakini bahwa pembelajaran terjadi pada anak saat
memahami dunia sekeliling mereka. Metode eksperimen yang dilakukan pada anak prasekolah dapat
melalui permainan yang menyenangkan dengan bahan yang ada disekitar anak. Oleh sebab itu dalam
bermain sains anak diajarkan untuk menggunakan seluruh pancaindranya sebaik mungkin, agar dalam
proses bermain tersbut anak dapat menemukan jawaban-jawaban dari suatu kegiatan bermain.
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah yang ada maka masalah yang timbul dapat
dirumuskan sebagai berikut : 1) Bagaimanakah kemampuan guru dalam pembelajaran dengan
menggunakan metode kegiatan meronce ? 2) Bagaimanakah keaktifan siswa dalam proses pembelajaran
meronce dengan rapi melalui kegiatan meronce ?
Tujuan dari penelitian ini adalah : Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Untuk
mengetahui kemampuan guru dalam pembelajaran dengan menggunakan metode kegiatan meronce
Kinerja guru menjadi lebih meningkat dalam melaksanakan pembelajaran pengembangan
kemampuan mengenal bentuk geometri kegiatan meronce. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata skor telah
terjadi peningkatan yang signifikan dari kondisi siklus 1 yang hanya prosentase kinerja guru hanya 67%
menjadi 93% pada siklus 2. Artinya telah terjadi peningkatan sebesar 26%.
Pembelajaran Pengembangan kemampuan mengenal bentuk geometri yang kemudian guru
menyimpulkan tindakan kelas terlihat adanya peningkatan dari kondisi pra siklus hanya 36%, siklus 1
66,4% dan pada siklus 2 telah mencapai 81,6%. Kegiatan dengan menggunakan kegiatan meronce efektif
meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri.
Kata Kunci ; Kemampuan Geometri, Kegiatan Meronce
367/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain