Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI METODE BERNYANYI PADA PESERTA DIDIK TK QUANTUM GUNTUR DEMAK -Cd Skripsi
ABSTRAK
Juwariyah, NPM B2618110338. Judul “Peningkatan Kemampuann
Mengenal Lambang Bilangan Melalui Metode Bernyanyi Pada Peserta Didik TK
Quantum Guntur Demak” Skripsi PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Ivet Semarang, 2022.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Peningkatan
kemampuan mengenal lambang bilangan melalui metode bernyanyi pada peserta
didik TK Quantum Guntur Demak.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilakukan
dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4 sampai 5
tahun di TK Quantum Guntur Demak.
Hasil penelitian ini terdapat peningkatan kemampuan mengenal lambang
bilangan melalui metode bernyanyi pada peserta didik TK Quantum Guntur
Demak. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil penelitian atau pelaksanaan
tindakan oleh peneliti. Pada kondisi awal peserta didik pra siklus diperoleh hasil
sebesar 13% berkategori baik, meningkat menjadi 37,77% pada siklus I dan
semakin meningkat pada siklus II mencapai prosentase sebesar 86,66%. Terdapat
peningkatan mengenal lambang bilangan sebesar 48,89%. Kinerja guru pada
siklus I mencapai prosentase sebesar 76,19% dan semakin meningkat pada siklus
II dengan hasil pencapaian prosentase sebesar 92,85% yang termasuk dalam
kriteria baik sekali. Begitu juga dengan aktivitas belajar anak juga mengalami
peningkatan dari 37,77% pada siklus I menjadi 86,66% pada siklus II.
Maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode bernyanyi dapat
meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada peserta didik TK
Quantum Guntur Demak.
Kata Kunci : Mengenal Lambang Bilangan, Metode Bernyanyi
370/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain