Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PERMAINAN SINGABU UNTUK PESERTA DIDIK KELOMPOK B TKQ USWATUN HASANAH KIARACONDONG KOTA BANDUNG - Cd Skripsi
ABSTRAK
Indah Widiawati (2022). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus
Melalui Permainan Singabu Untuk Peserta Didik Kelompok B TKQ
Uswatun Hasanah Kiaracondong Kota Bandung. Skripsi PG-PAUD. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas IVET Semarang. 78 halaman.
Beberapa kegiatan untuk mengembangkan matorik halus dapat melalui
kegiatan menggambar, mewarnai, meremas, meronce, melipat, menggunting,
menganyam dan lain-lain. Namun berdasarkan pengamatan terlihat masih banyak
anak yang kurang dapat mengikuti kegiatan yang dicontohkan oleh guru bahkan
ada beberapa anak yang tidak menyelesaikan kegiatan. Peneliti akan mengatasi
masalah dengan melatih gerakan-gerakan halus, meningkatkan ketrampilan tubuh
dan koordinasi, serta meningkatkan ketrampilan tubuh dan cara hidup sehat
melalui kegiatan permainan tradisional yaitu bermain gasing dari bunga jambu air
atau singabu.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk membuktikan adanya peningkatan
kemampuan motorik halus peserta didik kelompok B TKQ Uswatun Hasanah
Kiaracondong Kota Bandung 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun subjek
dari penelitian ini adalah 12 peserta didik yang terdiri dari 6 laki-laki dan 6
perempuan. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan
pengamatan atau observasi dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin
diungkap.
Hasil penelitian ini adalah dari 12 peserta didik hanya 4 peserta didik yang
mampu melakukan pembelajaran secara mandiri dengan rata-rata kemampuan
motorik halus peserta didik baru mencapai 40% ,dan selanjutnya setelah dilakukan
penelitian tindakan kelas pada siklus I keberhasilan baru meningkat menjadi 50%
dan pada siklus II rata-rata kemampuan motorik halus mengalami peningkatan
yang sangat signifikan menjadi 91,7% dengan hasil berkembang sangat baik.
Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus, Permainan Singabu
371/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain