Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MENGGUNAKAN BENDA KONGKRIT LOOSEPART PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK KARTINI KUDUS - Cd Skripsi
ABSTRAK
Fica Agatha, B2618110068. Peningkatan Kemampuan Mengenal
Konsep Bilangan Menggunakan Benda Kongkrit Loosepart Pada Peserta
Didik Kelompok A Taman Kanak-Kanak Kartini Kudus, Skripsi PGPAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas IVET Semarang
2022
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan
kemampuan mengenal konsep bilangan anak setelah diberikan pembelajaran
menggunakan benda kongkrit Loosepart serta mendeskripsikan kemampuan
guru dalam penerapan media kongkrit Loosepart peserta didik kelompok A
TK Kartini Kudus.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan 3 siklus dengan subjek 17 anak melalui pengambilan data
observasi dan dokumentasi dengan urutan penelitian: (1) Perencanaan, (2)
Pelaksanaan, (3) Obsrvasi, dan (4) Refleksi.
Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di TK Kartini Kaliputu
Kudus terlihat bahwa adanya peningkatan di siklus I ke siklus II hingga siklus
III. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan mengenal
konsep bilangan mulai dari prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Hal ini
terbukti dari hasil penelitian sebelum tindakan yakni 23,53%, Siklus I 47,06%,
siklus II 70,59%, dan siklus III 82,35%. Simpulan dari penelitian ini bahwa
menggunakan media benda kongkrit Loosepart dapat meningkatkan kemampuan
mengenal konseo bilangan anak di TK Kartini Kaliputu Kudus.
Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan, Media Benda
Kongkrit Loosepart
372/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain