Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA VERBAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN RA SUDIRMAN IX BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG - Cd Skripsi
ABSTRAK
Puspa Dewi Maharani. B2618110418. Peningkatkan Kemampuan Bahasa Verbal
melalui Metode Bermain Peran dengan Media Boneka Tangan pada Anak Usia 4-
5 Tahun RA Sudirman IX Bandungan Kabupaten Semarang. Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Ivet. 78 halaman.
Penelitian ini menggunakan jenis rancangan penelitian tindakan kelas (PTK),
yaitu proses investigasi terkendali untuk merumuskan dan memecahkan masalah
pembelajaran di kelas. Proses pemecahan masalah tersebut dilakukan secara
bersiklus, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil
pembelajaran di kelas tertentu (Aqib, 2012: 81).
Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif-interaktif dengan
desain PTK, sebagai model PTK kolaboratif karena peneliti berkolaborasi dengan
teman sejawat yang bertindak sebagai kolaborator (Supardi dan Arikunto, 2011:
89).Subjek penelitian ini adalah peserta didik di RA Sudirman IX Bandungan
Kabupaten Semarang yang berjumlah 12 anak.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa melalui metode
bermain peran dengan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan
bahasa verbal pada anak RA Sudirman IX Bandungan Kabupaten Semarang,
khususnya semester genap tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian mnunjukkan
peningkatan kemampuan bahasa verbal pada anak RA Sudirman IX Bandungan
Kabupaten Semarang. Diketahui bahwa anak yang mencapai kriteria tuntas atau
Berkembang Sangat Baik (BSB) pada Pra Siklus sejumlah 2 anak atau sebesar
17% , pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sejumlah 5 anak atau sebesar 42% , pada
Siklus I Pertemuan Ke-2 sejumlah 6 anak atau sebesar 50% , pada Siklus I
Pertemuan Ke-3 sejumlah 8 anak atau sebesar 67% , pada Siklus II Pertemuan Ke1 sejumlah 8 anak atau sebesar 67% , pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 9
anak atau sebesar 75% , pada Siklus II Pertemuan Ke-3 sejumlah 11 anak atau
sebesar 92% .
Kata Kunci: Kemampuan Bahasa Verbal, Bermain Peran, Media Boneka Tangan
373/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain