Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL WARNA MELALUI METODE BERMAIN DENGAN PERMAINAN PIPA BOLA WARNA PADA ANAK KELOMPOK B DI KB IT ROBBANI - Cd Skripsi
ABSTRAK
Evi Munfaati NPM. 2620230522. PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF
MENGENAL WARNA MELALUI METODE BERMAIN DENGAN PERMAINAN
PIPA BOLA WARNA PADA ANAK KELOMPOK B DI KB IT ROBBANI.
Semarang. PG-PAUD. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas IVET Semarang. 2022.
59 halaman.
Kondisi awal keadaan ketrampilan berbahasa anak di KB IT Robbani Kota
Kendal, rata – rata anak dalam kemampuan mengenal warna masih sangat kurang.
Dari hasil observasi pra siklus diketahui bahwa tingkat kemampuan mengenal warna
masih rendah hal ini dapat kita lihat dari 11 anak terdapat 2 anak yang mampu
menyebut warna dengan benar, 4 anak sering mengucapkan warna dalam bahasa
Inggris, walaupun warna yang dimaksud benar, 5 anak masih membutuhkan motivasi
agar lancar dan benar dalam meyebutkan warna. Masih adanya anak yang masih
mengalami kesulitan dalam kemampuan mengenal warna sehingga kemampuan
kognitif anak kurang berkembang secara optimal.
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk untuk mendeskripsikan
penerapan dan peningkatan metode bermain dengan permainan pipa bola warna dalam
meningkatkan kemampuan kognitif mengenal warna di KB IT Robbani Kota Kendal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah
siswa Kelompok B KB IT Robbani dengan jumlah 11 anak yang terdiri dari 6 anak
perempuan dan 5 anak laki-laki. Prosedur penelitian ini meliputi : perencanaan
(planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing) dan menganalisis
data / informasi untuk memutuskan sejauh mana kelebihan atau kelemahan tindakan
tersebut (reflecting).
Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dan analisis data yang disajikan
pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa metode bermain dengan
permainan Pipa Bola Warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di KB IT
Robbani Kota Kendal. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada pada pelaksanaan
siklus I kemampuan mengenal warna anak dalam kategori Belum Berkembang (BB)
dan Mulai Berkembang (MB) sebesar 36,5%, sedangkan anak yang dikatakan tuntas
dalam belajar masuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang
Sesuai harapan (BSH) yaitu 63,5%. Kemudian pada siklus II kemampuan anak pada
kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH)
meningkat menjadi 91%. Selebihnya sekitar 9% atau 1 anak yang masih memerlukan
motivasi dan perhatian lagi. Hasil pengamatan pada siklus II menunjukkan bahwa
kemampuan berbahasa anak sudah meningkat dengan berkembang sangat baik atau
sudah melebihi indikator ketuntasan dalam pembelajaran 75%, oleh karena itu tidak
perlu dilakukan perbaikan pembelajaran atau dengan kata lain penelitian ini dikatakan
berhasil.
Kata kunci : Kognitif, Pipa Bola Warna
374/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain