Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL WARNA
MELALUI METODE BERMAIN DENGAN PERMAINAN PIPA BOLA
WARNA PADA ANAK KELOMPOK B DI KB IT ROBBANI - Cd Skripsi

Text

Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL WARNA MELALUI METODE BERMAIN DENGAN PERMAINAN PIPA BOLA WARNA PADA ANAK KELOMPOK B DI KB IT ROBBANI - Cd Skripsi

Munfaati , Evi - Nama Orang;

ABSTRAK
Evi Munfaati NPM. 2620230522. PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF
MENGENAL WARNA MELALUI METODE BERMAIN DENGAN PERMAINAN
PIPA BOLA WARNA PADA ANAK KELOMPOK B DI KB IT ROBBANI.
Semarang. PG-PAUD. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas IVET Semarang. 2022.
59 halaman.
Kondisi awal keadaan ketrampilan berbahasa anak di KB IT Robbani Kota
Kendal, rata – rata anak dalam kemampuan mengenal warna masih sangat kurang.
Dari hasil observasi pra siklus diketahui bahwa tingkat kemampuan mengenal warna
masih rendah hal ini dapat kita lihat dari 11 anak terdapat 2 anak yang mampu
menyebut warna dengan benar, 4 anak sering mengucapkan warna dalam bahasa
Inggris, walaupun warna yang dimaksud benar, 5 anak masih membutuhkan motivasi
agar lancar dan benar dalam meyebutkan warna. Masih adanya anak yang masih
mengalami kesulitan dalam kemampuan mengenal warna sehingga kemampuan
kognitif anak kurang berkembang secara optimal.
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk untuk mendeskripsikan
penerapan dan peningkatan metode bermain dengan permainan pipa bola warna dalam
meningkatkan kemampuan kognitif mengenal warna di KB IT Robbani Kota Kendal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah
siswa Kelompok B KB IT Robbani dengan jumlah 11 anak yang terdiri dari 6 anak
perempuan dan 5 anak laki-laki. Prosedur penelitian ini meliputi : perencanaan
(planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing) dan menganalisis
data / informasi untuk memutuskan sejauh mana kelebihan atau kelemahan tindakan
tersebut (reflecting).
Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dan analisis data yang disajikan
pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa metode bermain dengan
permainan Pipa Bola Warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di KB IT
Robbani Kota Kendal. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada pada pelaksanaan
siklus I kemampuan mengenal warna anak dalam kategori Belum Berkembang (BB)
dan Mulai Berkembang (MB) sebesar 36,5%, sedangkan anak yang dikatakan tuntas
dalam belajar masuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang
Sesuai harapan (BSH) yaitu 63,5%. Kemudian pada siklus II kemampuan anak pada
kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH)
meningkat menjadi 91%. Selebihnya sekitar 9% atau 1 anak yang masih memerlukan
motivasi dan perhatian lagi. Hasil pengamatan pada siklus II menunjukkan bahwa
kemampuan berbahasa anak sudah meningkat dengan berkembang sangat baik atau
sudah melebihi indikator ketuntasan dalam pembelajaran 75%, oleh karena itu tidak
perlu dilakukan perbaikan pembelajaran atau dengan kata lain penelitian ini dikatakan
berhasil.
Kata kunci : Kognitif, Pipa Bola Warna


Ketersediaan
374/PAUD/PUS/II/2022378Perpustakaan Pusat (Skripsi)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
378
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
21x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG - PAUD
374/PAUD/PUS/II/2022
2620230522
Evi Munfaati
Info Detail Spesifik
Hard Cover Skripsi Warna Biru Cd Skripsi Jurusan Pg Paud
Pernyataan Tanggungjawab
Evi Munfaati
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL WARNA MELALUI METODE BERMAIN DENGAN PERMAINAN PIPA BOLA WARNA PADA ANAK KELOMPOK B DI KB IT ROBBAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik