Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK KASAR SISWA TK A MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GATHRIK DI TK DHARMA WANITA I DOROLEGI I KECAMATAN GODONG TAHUN AJARAN 2021/2022 - Cd Skripsi
ABSTRAK
Miftahus Saidah. 2620230688. Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Siswa TK A
Melalui Permainan Tradisional Gathrik di TK Dharma Wanita Dorolegi I
Kecamatan Godong Tahun Ajaran 2021/2022. Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 69 halaman.
Perkembangan motorik kasar anak harus lebih ditingkatkan dengan cara
bermain. Melalui kegiatan bermain anak dapat belajar tentang diri mereka sendiri,
orang lain dan lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1.) Untuk
mendeskripsikan kondisi motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita
I Dorolegi Kecamatan Godong, 2). Untuk mendeskripsikan pelaksanaan
permainan gatrik dalam meningkatkan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK
Dharma Wanita I Dorolegi Kecamatan Godong, 3) . Untuk mendeskripsikan
peningkatan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita I Dorolegi
Kecamatan Godong melalui permainan gatrik.
Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode tindakan
kelas. PTK bertujuan memecahkan permasalahan pembelajaran yang muncul di
dalam kelas. Subyek dalam penelitian ini anak adalah anak-anak di TK Dharma
Wanita I Dorolegi Kecamatan Godong sejumlah 13 anak.
Hasil penelitian ini yaitu : melalui kegiatan permainan gatrik maka
motorik kasar anak di TK Dharma Wanita I Dorolegi Kecamatan Godong
meningkat. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi peneliti dan kolaborator bahwa
anak yang mencapai kriteria tuntas atau Berkembang Sangat Baik (BSB) pada Pra
Siklus sejumlah 2 anak atau sebesar 15%, pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sejumlah
3 anak atau sebesar 23%, pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sejumlah 5 anak atau
sebesar 38%, pada Siklus I Pertemuan Ke-3 sejumlah 7 anak atau sebesar 54%,
pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 9 anak atau sebesar 69%, pada Siklus II
Pertemuan Ke-2 sejumlah 10 anak atau sebesar 77%, dan pada Siklus II
Pertemuan Ke-3 sejumlah 11 anak atau sebesar 85%. Peningkatan motoric kasar
anak dapat dilihat dari keaktifan anak melakukan gerakan melompat, meloncat,
dan berlari secara terkoordinasi, melempar sesuatu secara terarah, menangkap
sesuatu secara tepat, melakukan gerakan antisipasi, dan memanfaatkan alat
permainan di luar kelas.
Kata Kunci: motorik kasar siswa, permainan tradisional, permainan gathrik
375/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain