Text
Skripsi : PENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE MANIK-MANIK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB PADMA ANANDA KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022 - Cd Skripsi
ABSTRACT
Suswanti, NPM : 2620130261. “Peningkatkan Kemampuan Motorik
Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Manik-Manik pada anak usia 4-5
Tahun di KB Padma Ananda Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun
Pelajaran 2021/2022”. Program Studi PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Ivet. Tahun Akademik 2021/2022.
Berdasarkan rumusan masalah maka tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce manikmanik pada anak usia 4-5 Tahun di KB Padma Ananda Kecamatan Adiwerna
Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang
mencakup: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan
refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak KB Padma
Ananda Kecamatan Ujungrusi Kabupaten Tegal yang berjumlah 10 anak..
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil pra siklus
diperoleh hasil bahwa kemampuan motorik halus anak kategori berkembang
sesuai harapan sebanyak 2 anak atau 20%, mulai berkembang sebanyak 1 anak
atau 10%, dan yang belum berkembang sebanyak 6 anak atau 60%. Hasil
pengamatan pada siklus I menunjukkan bahwa motorik halus anak melalui
kegiatan meronce manik-manik termasuk cukup baik namun belum memenuhi
indikator penilaian, hal tersebut dapat dilihat dari banyak anak yang termasuk
kategori baik (BSH) sebanyak 4 anak atau 40%, mulai berkembang sebanyak 3
anak atau 30%, dan yang belum berkembang sebanyak 3 anak atau 30%. Secara
klasikal, hasil penelitian pada siklus I ini belum mencapai indikator yang telah
ditentukan yaitu 75%. pada siklus II anak yang berhasil dengan berkembang
sangat baik sebanyak 9 anak atau 90% yang terdiri dari kategori berkembang
sangat baik ada 5 anak atau 50% dan berkembang sesuai harapan sebanyak 4 anak
atau 40%, dan kategori mulai berkembang ada 1 anak atau 10%. Hasil
pengamatan pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak
sudah meningkat dengan berkembang sangat baik atau sudah melebihi indikator
ketuntasan dalam pembelajaran 75%, oleh karena itu tidak perlu dilakukan
perbaikan pembelajaran atau dengan kata lain penelitian ini dikatakan berhasil.
Kata kunci : Motorik Halus, Meronce, Manik-manik
376/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain