Text
Skripsi : PENINGKATAN KECERDASAN LOGIKA-MATEMATIKA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN BENDA NYATA PADA KELOMPOK C KB MADINAH PROCOT KECAMATAN SLAWI TP. 2021/2022 - Cd Skripsi
ABSTRAK
Hannum (2022) Kecerdasan setiap anak berbeda-beda, memiliki sisi yang
menonjol setiap orangnya. Kecerdasan logika matematika merupakan salah satu
dari bagian kecerdasan majemuk. Kecerdasan ini sulit untuk dideteksi, oleh
karena itu penelitian di KB Madinah meneliti bagaimana kecerdasan logika
matematika anak usia dini melalui bermain peran dengan benda nyata dapat
ditingkatkan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas
yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Proses
pengumpulan data di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru, anak dan orang tua. Hasil penelitian,
dengan metode bermain peran dengan benda nyata kecerdasan logika matematika
dapat di kembangkan dengan baik. Anak merasa senang, nyaman, ceria,
bersemangat, bebas dan aktif. Penggunaan media nyata yang bervariasi sangatlah
menyenangkan selama program pembelajaran. Suasana pembelajaran akan sangat
kondusif dan nyaman untuk siswa. Kreatifitas guru juga sangat diperlukan,
dengan mengajak anak untuk bermain peran bisa mengembangkan daya khayal,
menggali kreatifitas santri, serta melatih motorik kasar untuk bergerak. Metode
bermain peran dengan benda nyata di KB Madinah terbukti bisa meningkatan
kecerdasan logika matematika. Hal ini dibuktikan pada hasil penelitian di siklus
II. Kategori ―Mulai Berkembang‖ ada 2 anak atau 20 % dan pada kategori
―Berkembang Sesuai Harapan‖ ada 8 anak atau 80 %.
Kata kunci : kecerdasan logika matematika, bermain peran, benda nyata.
377/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain