Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA WARNA PADA KELOMPOK A TK PERTIWI PELUTAN PEMALANG - Cd Skripsi
ABSTRAK
Diyana Wati (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Media
Permainan Ular Tangga Warna pada Kelompok A TK Pertiwi Pelutan Pemalang.
Skripsi. PG PAUD. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 75 halaman.
Pengenalan angka serta berhitung sederhana pada anak usia dini sama
pentingnya dengan pengenalan huruf. Belajar matematika terdapat salah satu
kemampuan inti yang dicapai adalah kepekaan dan kemampuan untuk mengamati
pola – pola logis dan numeric (bilangan) serta kemampuan berpikir rasional atau
logis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berhitung setelah menggunakan media permainan ular tangga warna
pada anak di TK Pertiwi Pelutan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua
siklus. Subjek Penelitian ini yaitu kelompok A yang berjumlah 15 anak. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan ular tangga dapat
meningkatkan kemampuan berhitung anak. Hal ini disimpulkan berdasarkan hasil
observasi pada siklus I masih kurang yang ditunjukan dengan hasil berada pada
kriteria mulai berkembang (MB) dan mengalami peningkatan pada siklus II
dimana hasilnya sudah mencapai kriteria berkembang sesuai harapan (BSH).
Kata kunci : kemampuan berhitung, permainan ular tangga war
380/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain