Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN MATEMATIKA TEPUK NYAMUK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT NU 05 ASY-SYAFI’IYAH UJUNGGEDE KECAMATAN - Cd Skripsi
ABSTRAK
Dewi Widiastuti (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan
Matematika Tepuk Nyamuk pada Anak Kelompok B di TK Muslimat NU 05 Asysyafi’iyah Ujunggede Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Skripsi.
Program Pendidikan Guru – Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Kejuruan Ilmu
Pendidikan, Universitas IVET Semarang. 76 halaman.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi awal yang menunjukkan adanya
kemampuan berhitung permulaan pada anak TK Muslimat NU 05 Asy-syafi’iyah
Ujunggede yang masih terbilang kurang. Hal ini dikarenakan oleh strategi dan
metode mangajar guru yang masih konvensional yang hanya bertumpu pada
metode ceramah. Akibatnya anak menjadi bosan dan kurang memperhatikan guru
saat pembelajaran. Diperlukan strategi atau metode permainan yang tepat untuk
bisa mengajak anak menjadi fokus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
: sejauh mana penggunaan strategi bermain Matematika Tepuk Nyamuk dalam
meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B TK Muslimat NU 05 Asysyafi’iyah Ujunggede? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi
bermain Matematika Tepuk Nyamuk dalam meningkatkan kemampuan berhitung
anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau
sering disebut dengan classroom action research. Teknik metode penelitian
menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian
melalui permainan Matematika Tepuk Nyamuk secara keseluruhan terbukti efektif
dalam meningkatkan prestasi kemampuan berhitung permulaan anak. Melalui
pendekatan permainan Matematika Tepuk Nyamuk anak dapat lebih aktif dan
memberikan pengetahuan dan pengalaman baru dalam pembelajaran.
Kata kunci : Matematika Tepuk Nyamuk, kemampuan berhitung anak
This research is motivated by the results of initial observations which show that
there is an initial numeracy ability in TK Muslimat NU 05 Asy-syafi’iyah
Ujunggede who are still relatively lacking. This is because the strategy and
teaching methods of teachers are still conventional which only relies on the
lecture method. As a result, children become bored and pay less attention to the
teacher when learning. We need the right strategy or game method to be able to
invite children to be focused. The formulation of the problem in this study is the
extent to which the use of the Mosquito Slap Math play strategy in improving the
numeracy skills of group B TK Muslimat NU 05 Asy-syafi’iyah Ujunggede. The
purpose of this study is to describe the strategy of playing the Mosquito Slap Math
Game in improving children’s numeracy skills. The type of research used is
classroom action research or often referred to as classroom action research.
Research method techniques using tests, observation and documentation. Based
on the results of research trough the Matematical game, Masquito Slap as a
whole is proven to be effective in improving chidren’s early numeracy skills.
Trough the Mathematical Game approach, children can be more active and
provide new knowledge and experiences in learning
381/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain