Text
Skripsi: PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI MENGGAMBAR BEBAS DENGAN METODE DEMONSTRASI BERMEDIA CAT AIR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TK KARTIKA III-33 KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2021/2022 - Cd Skripsi
ABSTRAK
WIWIT WULANDARI, NPM. 2620130302. PENINGKATAN KREATIVITAS
MELALUI MENGGAMBAR BEBAS DENGAN METODE DEMONSTRASI
BERMEDIA CAT AIR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TK KARTIKA III-33
UJUNGRUSI KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN
AJARAN 2021/2022. S1 PG PAUD.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas IVET Semarang.
Tujuan penelitian yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk
membuktikan peningkatan kreativitas melalui menggambar bebas dengan metode
demonstrasi bermedia cat air pada anak usia 4-5 tahun TK Kartika III-33
Ujungrusi Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2021/2022
Metode penelitian menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan secara kolaborasi antara guru dengan peneliti dengan menggunakan 2
siklus. Perbaikan dilakukan pada setiap siklus yang dirancang peneliti. Populasi
dalam penelitian ini adalah anak TK Kartika Ujungrusi Kecamatan Adiwerna
Kabupaten Tegal yang berjumlah 10 anak. Peneliti dibantu mitra guru sebagai
kolabolator. Data diperoleh dengan observasi, wawancara dan unjuk kerja.
Analisis data digunakan dengan menyeleksi dan mengelompokkan data dalam
bentuk narasi, table atau grafik, serta menyimpulkan dalam bentuk pernyataan
berdasarkan analisis yang dilakukan yaitu refleksi.
Pada Pra siklus ini menunjukkan bahwa anak Kelompok B masih kurang
kreatif dalam menuangkan kreativitasnya melalui aktivitas menggambar bebas.
Anak terbiasa menunggu perintah dari guru dan menunggu contoh gambar yang
dibuat oleh guru. Anak yang belum berkembang sebanyak 50%, mulai
berkembang sebanyak 30%, anak yang berkembang sesuai harapan sebanyak 30%
sedangkan anak yang berkembang sangat baik 0%. Dari hasil observasi siklus I,
diketahui bahwa anak yang mencapai ketuntasan ada 70% yang terdiri dari
kategori BSB 30% dan BSH 40%. Hal ini berarti belum mencapai indikator
keberhasilan penelitian, dimana minimal rata-rata kemampuan kreativitas anak
minimal 75%, sehingga perlu diadakan tindakan perbaikan pada siklus II. Dari
hasil observasi siklus II, dapat disimpulkan bahwa anak yang mencapai ketuntasan
ada 90% yang terdiri dari kategori BSB sebanyak 4 anak atau 40% dan BSH ada 4
anak atau 40%. Jumlah anak yang masuk kategori mulai berkembang (MB)
sebanyak 1 anak atau 10%, dan kategori belum berkembang (BB) sebanyak 0
anak atau 0% Hal ini berarti bahwa sudah mencapai indikator keberhasilan
penelitian, dimana minimal rata-rata kemampuan berhitung anak adalah 75%,
sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil atau dapat dihentikan.
Kata kunci : Kreativitas, menggambar bebas, demonstrasi, cat air
386/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain