Text
Skripsi : UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL GEOMETRI MELALUI MEDIA MENGECAP BAHAN ALAM DI KELOMPOK A TK AISIYAH BUSTANUL ATHFAL TEMBOK BANJARAN TAHUN 2021/2022 - Cd Skripsi
ABSTRAK
Rifaatun Muayanah, NPM : 2620230505. “Upaya Peningkatan
Kemampuan Kognitif Mengenal Bentuk Geometri Melalui Media Mengecap
Bahan Alam di Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tembok Banjaran
Tahun 2021/2022” Program Studi PG-PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Ivet. Tahun Akademik 2021/2022.
Sesuai dengan pokok permasalahan, maka tujuan penelitian ini adalah
Untuk membuktikan bagaimana peningkatan kemampuan kognitif mengenal
bentuk geometri kegitan mengecap bahan alam pada anak Kelompok A TK
Aisyiyah Bustanul Athfal Tembok Banjaran Tahun 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang
mencakup: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan
refleksi (reflecting). Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah anak Kelompok A
TK Aisyiyah Butanul AthfalTembok Banjaran Tahun 2021/2022 yang berjumlah
12 anak. Yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Adapun metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil observasi dari
kegiatan pembelajaran selama pra siklus teridentifikasi dari jumlah keseluruhan
anak, hanya ada 1 anak atau 8,35% dengan kemampuan Kognitif mengenal
bentuk geometri dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH), sedangkan
anak dengan kategori Mulai Berkembang (MB) ada 1 anak atau 8,35%,
sedangkan jumlah anak dengan kemampuan Belum Berkembang (BB) ada 10
anak atau sekitar 83,33%. Sehingga ada 11 anak atau 91,7% dari jumlah
keseluruhan, yang membutuhkan perhatian, bimbingan dan motivasi untuk dapat
mencapai perkembangan kemampuan kognitif mengenal bentuk geometri. pada
siklus I anak yang memiliki kemampuan kognitif mengenal bentuk geometri
melalui kegiatan mengecap dengan bahan alam dengan kategori BSB ada 2 anak
atau 16,67%, BSH ada 6 anak atau 50%, kategori MB ada 4 anak atau 3,33% dan
yang memiliki kemampuan kognitif mengenal bentuk geometri dengan kategori
BB ada 0 anak atau 0%. Meskipun pada siklus I ini mengalami kenaikan 66,67%
yamg terdiri dari kategori BSB dan BSH, tetapi hasil tersebut masih dibawah
kriteria ketuntasan yaitu 75%. pada siklus II jumlah anak yang memiliki
kemampuan kognitif mengenal bentuk geometri melalui kegiatan mengecap bahan
alam dengan kategori BSB ada 7 anak atau 58,33%, BSH ada 3 anak atau 25%,
kategori MB ada 2 anak atau 16,67% dan yang memiliki kemampuan dengan
kategori BB ada 0 anak atau 0%. Pada siklus II ini mengalami kenaikan 83,3%,
maka hasil tersebut sudah di atas indikator kriteria ketuntasan yaitu 75%.
Kata kunci : Kognitif, bentuk geometri, Mengecap
388/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain