Text
Skripsi : PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN KELOMPOK BERMAIN PAMARDI YOGATAMA KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG - Cd Skripsi
ABSTRAK
WIWID ERLINA (2022). Penggunaan Media Loose part Bahan Alam Untuk
Meningkatkan Kemampuan Matematika Permulaan Pada Anak Usia 3-4
Tahun Kelompok Bermain Pamardi Yogatama Kandangan Kecamatan
Kandangan Kabupaten Temanggung. Skripsi. Prodi PG-PAUD , Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet. 104 halaman, Tahun 2022.
Masa kanak-kanak merupakan masa yang paling menentukan dalam hidup
seseorang, usia 5 tahun pertama sering kali di sebut dengan usia Golden Age
(Masa keemasan) yaitu masa emas pada anak-anak di awal kehidupanyaitu pada
usi 0-5tahun dimana terjadi perkembangan yang menakjubkan pada anak,di fase
ini pertumbuhan dan perkembangan anak begitu pesat dan mempengaruhi tumbuh
kembang anak di fase selanjutnya.
Salah satu kemampuan anak usia dini yang penting untuk dikembangkan
adalah kemampuan matematika permulaan diharakan anak mampu mempelajari
dasar-dasar matematika permulaan, berfikir rasional, kongkrit dan lebih siap
mengikuti pembelajaran matematika jenjang selanjutnya. Di KB Pamardi
Yogatama Kandangan kemampuan matematika permulaan anak masih rendah dan
media yang digunkan dalam pembelajran kurang variatif. Oleh sebab itu peneliti
akan mendiskripsikan bagaimana kenaikan kemampaun matematika permulaaan
anak usia dini di KB Pamardi Yogatama dengan Penggunaan Media Alam
Loosepart untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Permulaan Anak.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika
permulaan pada anak usia 3-4 tahun di kelas Hebat KB Pamardi Yogatama
Kandangan, Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran
2021/2022 melalui Penggunaan Media Loose Part Bahan Alam.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdapat 4 fase yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil Penenlitian ini
menunjukkan bahwa peningkatakan matematika permulaan pada siklus I sebesar
40% anak yang mampu meningkatkan kemampuan matematika permulaan artinya
kemampuan anak masih rendah, di siklus II diperoleh hasil 87% anak yang
mampu meningkatkan kemampuan matematika permulaaan. Berdasarkan
penelitian tersebut disarankan pada semua pendidik mampu menciptakan suasana
belajar yang menyenangkan, membahagiaan anak serta media yang ramah
lingkungan seperti media loose part bahan alam yang bisa dengan mudah
didapatkan di lingkungan sekitar sekolah.
Kata Kunci : kemampuan matematika permulaan,loose part, bahan alam
390/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain