Text
Skripsi : PENINGKATAN PENGETAHUAN SAINS SEDERHANA MEMBUAT LAVA LAMP DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI JIMUS KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN - Cd Skripsi
ABSTRAK
vii
Sri Mulyani Waluyanti, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berjudul
“Peningkatan Pengetahuan Sains Sederhana Membuat Lava Lamp Dengan Metode
Demonstrasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Jimus
Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten”. 2022. 124 halaman.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan sejauh mana
efektifitas kegiatan demonstrasi untuk meningkatkan pengetahuan sains sederhana
membuat lava lamp di TK Pertiwi Jimus Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten.
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus 6 kali pertemuan, subyek
penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Jimus yang berjumlah 15 anak.
Tehnik analisis data dilakukan secara deskriptif persentase. Tehnik pengambilan
data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.
Simpulan hasil penelitian: 1) Pada pra siklus diperoleh hasil pengetahuan sains
sederhana sebesar 32,22%, kemudian pada Siklus I diperoleh sebesar 54,44%, dan
pada Siklus II diperoleh sebesar 75%. 2) Perubahan perilaku anak terlihat dari
keaktifan pada Siklus I sebesar 69,33% dan meningkat pada Siklus II sebesar 88%.
Dengan demikian terdapat peningkatan keaktifan anak melalui kegiatan membuat
lava lamp dengan metode demonstrasi. 3) Efektifitas dari kegiatan membuat lava
lamp dengan metode demonstrasi pada anak usia 5-6 tahun diperoleh dari selisih
pengetahuan sains sederhana di Pra Siklus dengan pengetahuan sains sederhana di
Siklus II yaitu sebesar 42,78%. Hipotesis tindakan: : “Melalui metode demonstrasi
dapat meningkatkan pengetahuan sains sederhana membuat lava lamp pada anak
usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Jimus Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten”
dinyatakan diterima atau terbukti.
Kata kunci : Pengetahuan sains, lava lamp
396/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain