Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA BUSY BOOK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKIT MTA JOGONALAN KLATEN - Cd Skripsi
ABSTRAK
DEVI WULANSARI, NPM 2620130230. “Upaya Meningkatkan Kemampuan
Kognitif Melalui Media Busy Book Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TKIT MTA
Jogonalan Klaten”. Program Studi PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas IVET. Tahun Akademik 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Upaya Meningkatkan
Kemampuan Kognitif Melalui Media Busy Book Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di
TKIT MTA Jogonalan Klaten.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini
dilakukan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus berawal dari perencanaan, tindakan,
pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian yaitu peserta didik kelompok A TKIT
MTA Jogonalan, dengan jumlah 8 siswa 4 putra dan 4 putri. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Latar belakang dari
penelitian ini adalah kurangnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna
dan bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif
anak melalui media Busy Book.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada kemampuan
kognitif anak dalam mengenal warna dan bilangan sebesar 84,38% selama
Tindakan mulai dari pra siklus hingga siklus II pertemuan kedua. Meskipun masih
ditemukan beberapa anak yang tingkat perkembangan kemampuan kognitifnya
masih rendah karena beberapa factor kemungkinan.
Kata Kunci : Kemampuan kognitif dan Busy Book
400/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain