Text
Skripsi : PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN “SYAMIL DAN DODO” PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NU TARBIYATUL WILDAN WATES UNDAAN KUDUS TAHUN 2020/202 - Cd Skripsi
ABSTRAK
Susilowati, (2021), Peningkatan Kecerdasan Spiritual Melalui Video
Pembelajaran “ Syamil Dan Dodo” Pada Peserta Didik Kelompok A Di RA
Muslimat NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus Tahun 2020/2021.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Ivet. 66 halaman.
Tujuan Penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan
pembelajaran video “Syamil dan Dodo dalam meningkatkan kecerdasan spiritual
pada peserta didik kelompok A di RA Muslimat NU Tarbiyatul Wildan Wates
Undaan Kudus. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya guru dalam
meningkatkan kecerdasan piritual peserta didik melalui pembelajaran video
“Syamil Dan Dodo” pada peserta didik kelompok A di RA Muslimat NU
Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus Tahun 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang
dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus dilakukan dengan 2
(dua) pertamuan. Di dalam siklus tersebut terdapat perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah Peserta didik kelompok A1 RA
Muslimat NU Tarbiyatul Wildan Wates tahun pelajaran 2020/2021 yang
berjumlah20 anak. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan
metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Pada siklus I menunjukkan bahwa
ketuntasan peserta didik dalam belajar hanya 45%, kemudian pada siklus II
meningkat menjadi 70%. Sedangkan peserta didik yang tidak tuntas dalam belajar
pada siklus I adalah 45% atau sebanyak 11 peserta didik, kemudian pada siklus II
menurun menjadi 30% atau sebanyak 6 peserta didik. Secara garis besar
pelaksanaan pembelajaran telah sesuai yang diharapkan peneliti, dimana proses
pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan tercipta suasana belajar
yangkondusif.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan video
pembelajaran dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kecerdasan
spiritual peserta didik. Oleh karena itu bagi guru dapat memberikan kegiatan
pembelajaran menggunakan video pembelajaran yang menarik dan menyenangkan
peserta didik. Selain itu guru juga harus mampu menciptakan lingkungan
pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan peserta didik .
Kata kunci: Kecerdasan Spiritual , Video Pembelajaran
004/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain