Text
Skripsi : PENINGKATAN KREATIVITAS SENI MELALUI PERMAINAN FINGER PAINTING GO PADA KELOMPOK B TK NURUL UMMAH 19 KLEMPUN NGRAHO BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2021/2022 - Cd Skripsi
ABSTRAK
ISWATI (2021). Peningkatan kreativitas seni anak melalui permainan
finger painting go pada kelompok B TK Nurul Ummah 19 Klempun Ngraho
Bojonegoro tahun ajaran 2021/2022. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Ivet Semarang. 93 halaman.
Kreativitas seni anak yang rendah menjadi masalah yang dihadapi guru di
TK Nurul Ummah 19 Klempun. Berdasarkan kondisi tersebut rumusan masalah
yang dipaparkan dalam penulisan ini yaitu bagaimana cara meningkatkan
kreativitas seni anak didik melalui perminan finger painting go, apakah dengan
permainan finger painting go dapat meningkatkan kreativitas seni anak didik di
TK Nurul Ummah 19 Klempun. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui cara meningkatkan kreativitas seni anak melalui permainan
finger painting go dan untuk mengetahui peningkatan kreativitas seni anak
kelompok B di TK Nurul Ummah 19 Klempun melalui permainan finger painting
go.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdapat
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data adalah anak TK
Nurul Ummah 19 Klempun, melalui kegiatan pembelajaran yang lebih menarik
menggunakan media permainan finger painting yang disesuaikan dengan tema
sebagai sumber belajar terbukti mampu meningkatkan kreativitas seni anak, yaitu
terlihat dari lembar data hasil pengamatan pada saat kegiatan melukis yang
berlangsung. Pada siklus I diperoleh hasil 70% dan peningkatan kreativitas anak
pada siklus II diperoleh hasil 90 % dengan hasil tersebut menujukkan bahwa
penelitian ini berhasil karena melebihi target indikator penelitian sebesar 86%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode permainan finger
painting go sebagai sumber belajar dapat dikatakan berhasil dalam rangka
meningkatkan kreativitas seni anak. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan
pada semua guru dapat memberikan pembelajaran melukis yang menarik dan
menyenangkan anak. Guru juga hendaknya mampu menciptakan lingkungan
pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan bagi anak.
Kata Kunci: Kreativitas seni. Finger painting go, Anak Usia 5-6 Tahun.
012/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain