Text
Skripsi : UPAYA PEMBIASAAN MENGKONSUMSI MAKANAN SEHAT MELALUI MENU GIZI SEIMBANG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERSIAPAN PAPRINGAN TAHUN AJARAN 2021/2022 - Cd Skripsi
ABSTRAK
SRI MULYANI (2021) Upaya Pembiasaan Mengkonsumsi Makanan Sehat
Melalui Gizi Seimbang Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Persiapan Papringan Tahun
Ajaran 2021/2022. Skripsi, Semarang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Ivet. 71 Halaman.
Di TK Persiapan Papringan masih banyak orang tua yang menyediakan
makanan siap saji tanpa memperdulikan kandungan gizinya. Peran orang tua
dalam pembiasaan untuk mengkonsumsi makan makanan sehat sesuai gizi
seimbang dirasa masih kurang. Tujuan yang akan di capai dari penelitian ini
adalah Untuk mengetahui apakah menu gizi seimbang yang di sediakan dapat
meningkatkan kebiasaan makan makanan sehat melalui menu gizi seimbang anak
usia 5-6 tahun di TK Persiapan Papringan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan atau penelitian tindakan kelas atau classroom action reseach. Prosedur
penelitian dilakukan dalam 4 tahapan pada satu siklus putaran berdasarkan model
Kemmis dan Taggart, yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3)
observasi (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan
kemampuan anak yang kontinue dari setiap pertemuan di siklus I dan siklus II
yang di hadiri 20 perserta didik. Pada siklus dari 20 peserta didik yang
berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 20%, berkembang sesuai harapan (BSH)
sebanyak 17%, mulai berkembang (MB) sebanyak 20%, dan belum berkembang
(BB) sebanyak 43%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik, dari
20 anak menunjukkan hasil berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 20%,
berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 37%, mulai berkembang (MB)
sebanyak 30%, dan belum berkembang (BB) sebanyak 13%. Berdasarkan analisis
pada siklus I dan siklus II maka penulis menyimpulkan bahwa upaya pembiasaan
mengkonsumsi makanan sehat melalui gizi seimbang mempunyai peranan penting
dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.
Kata kunci: Pembiasaan, makanan sehat, gizi seimbang
018/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain