Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI SENI MELIPAT KERTAS PADA ANAK KELOMPOK A (4-5 TAHUN) DI TK DHARMA WANITA PAPRINGAN TAHUN AJARAN 2021/2022 - Cd Skripsi
ABSTRAK
SRI UTAMI(2021), Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini
Melalui Seni Melipat Kertas Pada Kelompok A (4-5 Tahun) Di TK Dharma Wanita
Papringan Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Semarang Fakultas Keguruan Dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 86 Halaman
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya kendala dalam meningkatkan
fisik motorik halus anak usia dini melalui kegiatan melipat kertas di TK Dharma
Wanita Papringan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan
kemampuan motorik halus pada anak usia dini di Taman kanak-kanak Dharma
Wanita Papringan melalui penerapan kegiatan seni melipat kertas.Rumusan
masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan kemampuan motorik
halus pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Papringan
melalui penerapan kegiatan seni melipat kertas Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas, yang dilakukan dalam 2 siklus. Dengan tahapan perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi pada setiap siklusnya. PTK ini dengan jumlah
siswa 15, 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di TK
Dharma Wanita Papringan pada kelompok A. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (classroom action research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
peningkatan kemampuan anak yang kontinue dari setiap pertemuan di siklus Idan
siklus II yang dihadiri 15 anak. Pada siklus I dari 15 pesrta didik yang menunjukkan
berkembang sangat baik (BSB) pada pertemuan ke-1 sebesar 14% dan pada
pertemuan ke-2 sebesar 20%, berkembang sesuai harapan (BSH pada pertemuan
ke-1 sebesar 6% dan pada pertemuan ke-2 sebesar 14%, yang mulai berkembang
(MB) pada pertemuan ke-1 sebesar 20% dan pada pertemuan ke-2 sbesar 26%, dan
yang belum berkembang (BB) pada pertemuan ke-1 sebesar 60% dan pada
pertemuan ke-2 sbesar 40%. Pada siklus II pun mengalami peningkatan yang sangat
baik, dari 15 peserta didik yang menunjukkan berkembang sangat baik (BSB) pada
pertemuan ke-1 sebesar 26% dan pada pertemuan ke-2 sbesar 34%, berkembang
sesuai harapan (BSH) pada pertemuan ke-1 sebesar 20% dan pada pertemuan ke-2
sbesar 26%, mulai berkembang (MB) pada pertemuan ke-1 sebesar 34% dan pada
pertemuan ke-2 sbesar 34%, dan belum berkembang (BB) pada pertemuan ke-1
sebesar 20% dan pada pertemuan ke-2 sebesar 6%. Dengan demikian rumusan
masalah yang penulis ajukan terjawab dalam proses pelaksanaan penelitian
tindakan kelas yang telah dilakukan oleh penulis, yaitu bahwa dengan seni melipat
kertas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini di kelompokA
TK Dharma Wanita Papringan.
Kata kunci: Motorik halus, melipat kertas
022/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain