Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP ANGKA 1-15 MELALUI PERMAINAN KANGURU MELOMPAT PADA ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA PATI - Cd Skripsi
ABSTRAK / ARTIKEL SKRIPSI
Yustina Triastuti, NPM. 2620130209. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Angka
1-15 Melalui Permainan Kanguru Melompat Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di
TK Negeri Pembina Pati. Jurusan PG - PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas IVET. Semarang. 2022.
Tujuan dalam penelitian ini yakni 1) Untuk mengetahui kemampuan mengenal konsep
angka 1-15 anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Pati; 2) Untuk mengetahui
seberapa besar peningkatan kemampuan mengenal konsep angka 1-15 anak kelompok B usia 5-6
tahun di TK Negeri Pembina Pati melalui permainan Kanguru melompat; dan 3) Untuk
mengetahui penerapan permainan Kanguru melompat untuk meningkatkan kemampuan
mengenal konsep angka 1-15 anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Pati.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) dengan subjek dalam penelitian
ini adalah TK Negeri Pembina Pati sebanyak 20 anak. Tingkat kemampuan mengenal konsep
angka 1-15 anak di TK Negeri Pembina Pati bisa dikatakan rendah. Indikasi dari pernyataan
tersebut antara lain: anak masih terlihat menunggu intruksi dari guru dalam mengenali angka,
anak belum mengenal angka secara baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka
dapat disimpulkan bahwa kegiatan Kanguru melompat dapat meningkatkan kemampuan
mengenal konsep angka 1-15 pada anak di TK Negeri Pembina Pati. Kinerja guru dalam setiap
siklus mengalami peningkatan yang signifikan. Awalnya guru belum menerapkan metode
permainan Kanguru melompat dalam proses pembelajaran, khususnya untuk meningkatkan
kemampuan mengenal konsep angka 1-15 anak. Secara kuantitatif dan berdasarkan hasil
observasi didapat hasil pada siklus 1 ketercapaian rata-rata adalah 45% (9 anak).Kemudian pada
siklus 2 ketercapaiannya naik menjadi85% (17 anak). Berdasarkan simpulan tersebut, maka
peneliti menyarankan agar guru kelas sebagai ”kunci sentral” pelaksanaan pembelajaran,
seyogyanya memahami dan mampu mengaplikasikan materi/jenis metode permainan Kanguru
melompat dalam proses belajar mengajar, sehingga nantinya efektivitas dari hasil penelitian ini
dapat terus berlangsung.
Kata Kunci :Kemampuan mengenal konsep angka, bermain, Kanguru melompat.
035/PAUD/PUS/I/2022 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain