Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA PESERTA DIDIK USIA 3-4 TAHUN DI KB ARROHMAN TELUK WETAN KEC. WELAHAN KAB. JEPARA - Cd Skripsi
ABSTRAK
Siti Istiyah, 2620130073, “Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi melalui
Metode Bermain Peran dengan Media Boneka Tangan pada Peserta Didik Usia
3-4 Tahun di KB Arrohman Teluk Wetan Kec. Welahan Kab. Jepara”, Skripsi,
Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Ivet, 2022, 74 halaman.
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) peningkatan
kemampuan berkomunikasi melalui metode bermain peran dengan boneka
tangan;dan 2) menganalisis efektifitas penerapan metode bermain peran melalui
media boneka tangan oleh guru dalam peningkatan kemampuan berkomunikasi
pada anak anak KB Arrohman Teluk Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara.
Penelitian tindaan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus, setiap
siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di KB
Arrohman Teluk Wetan yang berjumlah 18 anak, guru sebagai observer dan guru
lain sebagai kolaborator. Data diperoleh dengan dokumentasi, observasi, dan
wawancara, adapun analisis data digunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: 1) kemampuan berkomunikasi
pada peserta didik usia 3-4 tahun di KB Arrohman Teluk Wetan pada awalnya
atau pra siklus diperoleh skor 72,12% dengan kriteria belum berkembang, namun
setelah dilakukan tindakan hingga sampai pada siklus II diperoleh skor rata-rata
terbesar 90,27% dengan kriteria berkembang sangat baik; dan 2) penerapan
metode bermain peran melalui media boneka tangan efektif dapat meningkatkan
kemampuan berkomunikasi pada peserta didik usia 3-4 tahun di KB Arrohman
Teluk Wetan setelah dilakukan tindakan hingga pada siklus II yang memberikan
hasil skor rata-rata sebesar 16,25 atau 90,27% dengan kriteria berkembang sangat
baik, sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan 75% untuk perolehan skor anak
secara individu dan 85% secara klasikal, maka dapat dibuat persamaan: 75% <
90,27% > 85%, sehingga hipotesis tindakan: “Melalui metode bermain peran
dengan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi
bagi peserta didik usia 3-4 tahun di KB Arrohman Teluk Wetan Kecamatan
Welahan Kabupaten Jepara pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2002”
dinyatakan terbukti atau diterima.
Kata Kunci: Berkomunikasi, bermain peran, boneka tangan.
041/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain