Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-20 MELALUI METODE PRAKTIK DENGAN MEDIA PERMAINAN DADU PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B KB AISYIYAH BAITUSSALAM KEDUNGSARIMULYO KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA - Cd Skripsi
ABSTRAK
ROSYIDAH, NPM 2620130067 “Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-
20 Melalui Metode Praktik Dengan Media Permainan Dadu Pada Peserta Didik
Kelompok B KB Aisyiyah Baitussalam Kedungsarimulyo Kecamatan Welahan
Kabupaten Jepara” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Ivet Semarang 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemampuan
mengenal angka 1-20 peserta didik yang disebabkan kurangnya metode bermain yang
di pergunakan dalam kegiatan pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini
adalah 1) Apakah Metode Praktik Dengan Media Permainan Dadu Dapat
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-20 Pada Peserta Didik Kelompok B
KB Aisyiyah Baitussalam Kedungsarimulyo Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara
Semester 1 Tahun Ajaran 2021/2022 ?” Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk
mengetahui tingkat kemamuan mengenal angka 1-20 peserta didik melalui
penggunaan metode praktik dengan media permainan dadu pada anak kelompok B di
KB Aisyiyah Baitussalam Kedungsarimulyo
Sumber data penelitian ini adalah anak KB Aisyiyah Baitussalam
Kedungsarimulyo Kecamatan Welahan Kabupatenm Jepara sejumlah 30 anak. Waktu
penelitian pada semester I. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan
kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada
setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus
pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria
keberhasilan untuk mengetahui paham dan tidak paham hasil belajar anak.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tindakan tersebut dapat ditarik
kesimpulan bahwa dengan metode permainan dadu dapat meningkatkan kemampuan
mengenal angka 1-20 pada peserta didik kelompok B KB Aisyiyah Baitussalam
Kedungsarimulyo dengan indikator pencapaiannya sebagai berikut : kondisi awal
sebelum menggunakan metode permainan dadu kemampuan dan keterampilan
mengenal angka 1-20 anak masih rendah sekali hanya sebesar 8% pada kritera BSH.
Pada siklus I kemampuan mengenal angka 1-20 anak meningkat menjadi 50% pada
kriteria BSB. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan metode
yang sama yaitu dengan metode permainan dadu dapat meningkatkan kemampuan
mengenal angka 1-20 anak meningkat menjadi 83% pada ktiteria BSB dan sudah
melebihi indikator yang ingin dicapai.
Kunci :Media permainan dadu kemampuan mengenal angka 1-20
044/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain