Text
Skripsi : PENINGKATAN SOSIAL EMOSIONAL DENGAN METODE PENGENALAN LINGKUNGAN MELALUI BERMAIN SUNDA MANDA PADA PESERTA DIDIK POS PAUD ANGGREK KUANYAR KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA - Cd Skripsi
ABSTRAK
Endah Chamzanah, 2620130020, “Peningkatan Sosial Emosional dengan Metode
Pengenalan Lingkungan melalui Bermain Sunda Manda pada Peserta Didik POS
PAUD Anggrek Kuanyar Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara”, Skripsi,
Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Ivet, 2021, 65 halaman.
Latar belakang penelitian: sebagian anak POS PAUD Anggrek Desa
Kuanyar yang sosial emosionalnya belum digali dan dimanfaatkan secara maksimal,
sehingga peneliti bekerjasama dengan guru lain sebagai kolaborator melakukan
tindakan kelas melalui metode pengenalan lingkungan dengan bermain sunda
manda untuk meningkatkan social emosional anak.
Tujuan penelitian: 1) menggambarkan penerapan metode pengenalan
lingkungan melalui permainan sunda manda pada peserta didik POS PAUD
Anggrek Desa Kuanyar; 2) membuktikan keefektifan penerapan metode pengenalan
lingkungan melalui permainan sunda manda dalam meningkatkan kemampuan
sosial emosional pada peserta didik POS PAUD Anggrek Desa Kuanyar Kecamatan
Mayong Kabupaten Jepara.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dengan 2 (dua) siklus, setiap
siklus terdiri 2 (dua) pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di POS PAUD Anggrek
Kuanyar yang berjumlah 18 anak. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah
observasi, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan analisis data digunakan analisis
deskriptif persentase.
Hasil penelitian: Kemampuan sosial emosional anak POS PAUD Anggrek
Kuanyar pada pra siklus diperoleh skor 72,12% dengan kriteria belum berkembang,
namun setelah dilakukan tindakan hingga sampai pada siklus II diperoleh skor ratarata 90,27% dengan kriteria berkembang sangat baik. Penerapan metode pengenalan
lingkungan melalui bermain sunda manda efektif dapat meningkatkan kemampuan
sosial emosional pada anak POS PAUD Anggrek Kuanyar setelah dilakukan
tindakan hingga siklus II yang memberikan hasil skor rata-rata sebesar 16,25 atau
90,27% dengan kriteria berkembang sangat baik, sedangkan indikator keberhasilan
ditetapkan 75% untuk perolehan skor anak secara individu dan 85% secara
klasikal, maka dapat dibuat persamaan: 75% < 90,27% > 85% maka hipotesis
tindakan: ”Penerapan metode pengenalan lingkungan melalui bermain sunda manda
dapat meningkatkan pemahaman sosial emosional bagi peserta didik POS PAUD
Anggrek Desa Kuanyar Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara pada semester ganjil
tahun ajaran 2021/2022” dinyatakan terbukti atau diterima.
Kata kunci: sosial emosional, sunda manda
053/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain