Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK
GEOMETRI MELALUI PERMAINAN PUZZLE DENGAN
BAHAN BEKAS PADA PESERTA DIDIK USIA 3-4 TAHUN
DI KB AL-ATQO DESA SOWAN LOR KECAMATAN
KEDUNG KABUPATEN JEPARA - Cd Skripsi

Text

Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN PUZZLE DENGAN BAHAN BEKAS PADA PESERTA DIDIK USIA 3-4 TAHUN DI KB AL-ATQO DESA SOWAN LOR KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA - Cd Skripsi

Maghfiroh , Lailatu - Nama Orang;

ABSTRAK
Lailatul Maghfiroh. 2620130043. PENINGKATAN KEMAMPUAN
MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN PUZZLE
DENGAN BAHAN BEKAS PADA PESERTA DIDIK USIA 3-4 TAHUN DI KB
AL-ATQO DESA SOWAN LOR KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN
JEPARA. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 61 halaman.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1)
Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pengenalan bangun geometri
pada anak KB Al-Atqo Desa Sowan Lor Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. 2)
Untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran dalam upaya
peningkatan pemahaman bangun geometri dengan penerapan permainan media
puzzle pada anak KB Al-Atqo Desa Sowan Lor Kecamatan Kedung Kabupaten
Jepara.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah mixed method (metode
campuran), yaitu campuran antara hasil observasi berupa angka-angka atau data
kuantitaif, kemudian disimpulkan dengan menggunakan kata-kata atau data
kualitaif guna dilakukan pendeskripsian (Sukiman, 2014: 76). Sedangkan
penelitian yang dilakukan dilaksanakan di dalam kelas, karena itu peneliti
melakukan prosedur dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini
yang menjadi subjek adalah anak KB Al-Atqo Desa Sowan Lor Kecamatan Kedung
Kabupaten Jepara dengan jumlah 24 anak.
Hasil dari penelitian ini antara lain sebagai berikut: 1) PTK berhasil dilakukan
dengan hasil pencapaian awal adalah 34% kemudian meningkat pada siklus I
mencapai 59% dan 64% atau rata-rata kemampuan anak mulai berkembang.
Kemudian setelah diberi tindakan penerapan permainan geometri pada siklus II
prosentase kemampuan anak dari 64% meningkat mencapai 90% atau rata-rata anak
berkembang sangat baik. Ini berarti rata-rata prosentase kelas yang dicapai pada
siklus II melebihi indikator pencapaian yang telah direncanakan sebelumnya yaitu
80%. Pada siklus II terjadi peningkatan yang tajam dikarenakan peneliti sudah
melakukan pembelajaran secara maksimal. 2) Proses pembelajaran dalam
penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus yang masing-masing terdapat 2
pertemuan. Sebelum penelitian dilakukan, peneliti terlebih dahulu mengobservasi
dan menganalisis perkembangan mengenal bentuk geometri pada anak. Karena
masih rendahnya kemampuan anak dalam mengenal bentuk geomteri maka peneliti
melakukan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) ini, dan alhasil berikut adalah hasil
dari penilaian kinerja pendidik dalam PTK ini dengan menggunakan media puzzle.
Siklus I pertemuan 1 Guru memperoleh pencapaian penilaian 78%, pada sikluas I
pertemuan 2 Guru masih memperoleh penilaian 78%, pada siklus II pertemuan 1
meningkat menjadi 86%, kemudian pada siklus II pertemuan 2 memperoleh
penilaian 89%. Indikator keberhasilan pendidik adalah 80%, sehingga Guru
dinyatakan mencapai indikator keberhasilan pada Siklus II.
Kata Kunci: Kemampuan, Bentuk Geometeri, Puzzle, Bahan Bekas.


Ketersediaan
062/PAUD/PUS/I/2022378Perpustakaan Pusat (Skripsi)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
378
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
21x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG - PAUD
062/PAUD/PUS/I/2022
2620130043
Lailatul Maghfiroh
Info Detail Spesifik
Hard Cover Skripsi Warna Biru Cd Skripsi Jurusan Pg Paud
Pernyataan Tanggungjawab
Lailatul Maghfiroh
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN PUZZLE DENGAN BAHAN BEKAS PADA PESERTA DIDIK USIA 3-4 TAHUN DI KB AL-ATQO DESA SOWAN LOR KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik