Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA VERBAL DENGAN METODE BERMAIN MELALUI MEDIA MEMANCING AQUARIUM IKAN BERHURUF PADA PESERTA DIDIK PAUD TPQ AL ISHLAH AISYIYAH DORANG KECAMATAN NALUMSARI KABUPATEN JEPARA - Cd Skripsi
ABSTRAK
Faridatus Saidah, 2620130028, “Peningkatan Kemampuan Bahasa Verbal dengan
Metode Bermain melalui Media Memancing Aquarium Ikan Berhuruf pada Peserta
Didik PAUD TPQ Al Ishlah Aisyiyah Dorang Kecamatan Nalumsari Kabupaten
Jepara”, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2021, 65 halaman.
Latar belakang penelitian: Masih ada beberapa anak di PAUD TPQ Al
Ishlah Aisyiyah Dorang yang kemampuan bahasanya belum berkembang sangat
baik, sehingga peneliti melakukan tindakan kelas melalui metode bermain dengan
media memancing ikan berhuruf untuk meningkatkan kemampuan bahasa verbal
anak.
Tujuan penelitian: 1) mengetahui penerapan media aquarium ikan oleh guru
di PAUD TPQ Al Ishlah Aisyiyah Desa Dorang; 2) membuktikan keefektifan
penerapan media aquarium ikan dalam peningkatan kemampuan bahasa verbal pada
peserta didik PAUD TPQ Al Ishlah Aisyiyah Dorang Kecamatan Nalumsari
Kabupaten Jepara.
Penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dengan 2 (dua) siklus, setiap
siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di PAUD TPQ Al Ishlah
Aisyiyah Dorang yang berjumlah 18 anak. Teknik pengambilan data yang
digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data yang
digunakan analisis deskriptif persentase.
Simpulan hasil penelitian: Kemampuan bahasa verbal pada peserta didik
PAUD TPQ Al Ishlah Aisyiyah Dorang pada awalnya atau pra siklus diperoleh skor
72,12% dengan kriteria belum berkembang, namun setelah dilakukan tindakan
hingga sampai pada siklus II diperoleh skor rata-rata terbesar 90,27% dengan
kriteria berkembang sangat baik. Penerapan metode bermain melalui media
memancing aquarium ikan berhuruf efektif dapat meningkatkan kemampuan bahasa
verbal pada peserta didik PAUD TPQ Al Ishlah Aisyiyah Dorang setelah
dilakukan tindakan hingga siklus II yang memberikan hasil skor rata-rata sebesar
16,25 atau 90,27% dengan kriteria berkembang sangat baik, sedangkan indikator
keberhasilan ditetapkan 75% untuk perolehan skor anak secara individu dan
klasikal, maka dapat dibuat persamaan: 75% < 90,27%, sehingga hipotesis
tindakan: “Metode bermain melalui media memancing aquarium ikan berhuruf
dapat meningkatkan kemampuan bahasa verbal pada peserta didik PAUD TPQ Al
Ishlah Aisyiyah Dorang Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara” dinyatakan
terbukti
Kata kunci: bahasa verbal, memancing ikan berhuru
067/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain