Text
Skripsi : PENERAPAN METODE DRILL DENGAN MEDIA POHON ANGKA DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN ANGKA DASAR 1-10 PADA PESERTA DIDIK POS PAUD MARDIRINI SIDIGEDE KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA - Cd Skripsi
ABSTRAK
Ngatroyah, 2620130053, “Penerapan Metode Drill dengan Media Pohon Angka dalam
Peningkatan Pemahaman Angka Dasar 1–10 pada Peserta Didik Pos PAUD Mardirini Sidigede
Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara”, Skripsi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2021, 66 halaman.
Latar belakang penelitian: sebagian Anak di Pos PAUD Mardirini Sidigede kurang
memiliki kemampuan dalam pemahaman angka dasar 1-10, sehingga peneliti bekerjasama dengan
teman sejawat sebagai kolaborator melakukan tindakan kelas melalui penerapan metode drill
dengan media pohon angka untuk meningkatkan pemahaman angka dasar 1-10.
Tujuan penelitian: 1) mengkaji pemahaman angka dasar 1-10 pada peserta didik Pos
PAUD Mardirini Sidigede; 2) mendeskripsikan penerapan metode drill melalui media pohon
angka dapat meningkatkan pemahaman angka dasar 1-10 pada peserta didik Pos PAUD
Mardirini Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari 2 (dua) siklus, setiap siklus meliputi 2 (dua)
kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian adalah anak di Pos PAUD Mardirini Sidigede yang berjumlah 15 anak. Teknik
pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan
analisis data digunakan analisis deskriptif persentase.
Simpulan hasil penelitian: Kemampuan pemahaman angka 1-10 pada anak dapat
ditingkatkan setelah dilakukan proses pembelajaran melalui metode drill dengan media pohon
angka, yang diperoleh hasil survey pada pra siklus dengan skor 12 atau 80% dari 15 anak dengan kriteria
belum berkembang, setelah dilakukan dua kali pertemuan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 12,5
atau 88,33% dengan kriteria berkembang sangat baik. Penerapan metode drill dengan media pohon
angka efektif dapat meningkatkan kemampuan pemahaman angka 1-10 pada anak diperoleh dari
skor rata-rata tindakan pada siklus II yang diperoleh sebesar 12,5 atau 88,33%, sedang indikator
keberhasilan ditetapkan minimal secara individu 75% dan klasikal 80%, maka dapat buat
persamaan matematika: 75% < 88,33% > 85% sehingga hipotesis tindakan: “Melalui
penerapan metode drill dengan media pohon angka efektif dapat meningkatkan pemahaman
angka dasar 1-10 pada peserta didik di Pos PAUD Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten
Jepara pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022” dinyatakan diterima atau terbukti.
Kata kunci: angka dasar, pohon angka.
077/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain