Text
Skripsi : PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENAMBAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PERMAINAN DAKON PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI BALERANTE KECAMATAN KEMALANG KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2021/2022 - Cd Skripsi
ABSTRAK
Sri Wahyuni ( 2021 ). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Penambahan
Dan Pengurangan Melalui Media Dakon Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi
Balerante,Skripsi PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas IVET 86 Halaman.
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Peningkatan Pemahaman Konsep
Penambahan dan Pengurangan Melalui Media Dakon Pada Anak Kelompok B TK
Pertiwi Balerante , Kemalang, Klaten Tahun Ajaran 2021/2022. Latar belakang
dari penelitian ini adalah minimnya kemampuan pemahaman konsep penambahan
dan pengurangan . Peran guru masij menekankan pengajaran yang berpusat pada
guru ( teacher centered ),Dan juga kurang memanfaatkan media pembelajaran melalui bermain yang menarik dan mamapu meningkatkan pemahaman berhitung
anak.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep penambahan
dan pengurangan melalui media dakon.
Prosedur penelitian tindakan kelas melalui siklus yaitu mulai dari
perencananaan , tindakan, pengamatan dan refleksi subyek penelitian yaitu kelompok B sebanyak 12 siswa. namun keadaan pembelajaran masih bergantian ,kini
smple yang di ambil oleh peneliti hanya 4 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kognitif dengan
membilang melalui media dakon. Yang diketahui kondisi awal setelah penelitian
pra siklus sebanyak 10 % dan pada siklus I 60 % , kemudian pada siklus II 80 % .
dapat disimpulkan media dakon dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada
anak kelompok B TK Pertiwi Balerante, Kemalang ,Klaten Tahun Ajaran
2021/2022.
Kata Kunci : Kemampuan mengenal Kognitif , Media Dakon
080/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain