Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MEMAHAMI IDENTITAS PROFESI DENGAN METODE BERMAIN PERAN MIKRO PADA ANAK USIA 4-5 TAHUNDI TK PERTIWI REJOSO KECAMATAN JOGONALAN KABUPATEN KLATEN - Cd Skripsi
ABSTRAK
Yuni Purwanti, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berjudul “Peningkatan
Kemampuan Kognitif Anak Memahami Identitas Profesi Dengan Metode
Bermain Peran Mikro Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Pertiwi Rejoso
Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten”. 2021. 72 halaman.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode
bermain peran mikro terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak memahami
identitas profesi pada anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Rejoso Kecamatan
Jogonalan Kabupaten Klaten.
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus, subjek penelitian adalah
anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Rejoso yang berjumlah 12 anak. Teknik analisis
data dilakukan secara deskriptif persentase. Teknik pengambilan data yang
digunakan adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data digunakan
analisis deskriptif persentase.
Simpulan hasil penelitian: Kemampuan kognitif anak memahami identitas
profesi di TK Pertiwi Rejoso pada siklus I diperoleh skor 6 atau 50% dengan
kriteria Mulai Berkembang, setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh
skor sebesar 6 atau 50% dengan kritreria Berkembang Sesuai Harapan dan 5 atau
41,67% dengan kriteria berkembang sangat baik. Penerapan metode bermain
peran efektif dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak memahami identitas
profesi, setelah dilakukan dua kali tindakan pada kedua siklus diperoleh skor
91,67%, angka tersebut lebih besar indikator keberhasilan, yaitu: 75% < 91,67%
maka hipotesis tindakan: “Melalui metode bermain peran mikro dapat
meningkatkan kemampuan kognitif anak memahami identitas profesi di TK
Pertiwi Rejoso Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten” dinyatakan diterima atau
terbukti.
Kata kunci: perkembangan kognitif, bermain peran
086/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain