Text
Skripsi : PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAKUSIA 4 - 5 TAHUNDI TK AISYIYAH BUNTALAN I KECAMATAN KLATEN TENGAH KABUPATEN KLATEN - Cd Skripsi
ABSTRAK
Supriyanti Rahayu, NPM 2619130179 Penerapan Metode Bernyanyi Dalam
Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di TK
Aisyiyah Buntalan 1 Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten.
Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak
usia 4 – 5 tahun atau kelompok A di TK Aisyiyah Buntalan 1 Klaten yang masih
kurang, hal ini terlihat dari sikap anak belum respon jika kegiatan ini diberikan.
Anak juga masih malu dan kurang percaya diri.
Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah Buntalan
1 Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten yang berjumlah 20 anak terdiri
dari 10 anak perempuan dan 10 anak laki-laki dan dilakukan secara kolaborasi
dengan teman sejawat.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi,
dan wawancara, Indikator keberhasilan yang di tetapkan yaitu jika minimal 85%
dari 20 anak memiliki keberhasilan dalam memahami dan menghafal lagu yang
telah diajarkan oleh gurunya dengan kriteria berkembang sangat baik. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa bernyanyi dapat mengembangkan kemampuan
berbicara anak dan meningkat setelah adanya tindakan melalui bernyanyi. Pada
siklus I presentasi kreativitas anak sebesar 30 % yang berkembang sangat baik.
Pada siklus II presentasi anak sebesar 85% yang berkembang sangat baik.
Perolehan presentase tersebut menunjukkan bahwa perkembangan berbicara anak
kelompok A dengan kriteria sangat baik telah mencapai indikator keberhasilan
sebesar 85%
Kata Kunci : Bernyanyi Meningkatkan Kemampuan Berbicara
091/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain