Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK MELALUI METODE BERMAIN JARIMATIKA PADA KELOMPOK A TK BINA PUTRA BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2020/2021 - Cd Skripsi
ABSTRAK
Sunarsih (2021). Peningkatan kemampuan berhitung pada anak melalui
metode bermain jarimatika pada Kelompok A TK Bina Putra Bojonegoro.
Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet. 115 halaman.
Keberhasilan anak dalam belajar sebagian besar pastinya bergantung
pada metode penyajian guru dalam proses belajar mengajar. Dari banyak
berbagai media pendidikan yang digunakan dalam sesuatu penyajian pendidikan,
salah satu metode penyajian pendidikan yang bisa tingkatkan keahlian berhitung
anak merupakan dengan memakai tata cara permainan Jarimatika.
Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui cara meningkatkan
kemampuan berhitung anak melalui metode bermain jarimatika dan untuk
mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok A di TK Bina
Putra melalui metode bermain jarimatika.
Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas,
yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi,
refleksi. Dilakukan 2 siklus dan setiap siklus ada 3 pertemuan. Subjek penelitian
adalah anak TK Bina Putra Bojonegoro yang berjumlah 20 anak. Teknik
pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan unjuk
kerja. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan
kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 75% yaitu
15 anak dari 20 anak yang memiliki kemampuan berhitung dengan kriteria
berkembang sangat baik
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses pelaksanaan kegiatan
menggunakan metode bermain jarimatika pada peningkatan kemampuan
berhitung anak TK Bina Putra Bojonegoro meliputi: a) menghitung benda 1-10;
b) menghitung dalam konsep penjumlahan benda yang dilakukan sebanyak 6
pertemuan dalam 2 siklus; 2) kegiatan bermain jarimatika dapat meningkatkan
kemampuan berhitung anak sebesar 75%, dengan hasil pada: kondisi awal pra
siklus dipersentase 35% atau ada 7 anak dari 20 anak berada pada kriteria
berkembang sangat baik, siklus I yaitu 65% atau 14 anak dari 20 anak terdapat
kriteria berkembang sesuai harapan, siklus II yaitu 90% atau 18 anak dari 20
anak berada pada kriteria berkembang sangat baik.
Kata Kunci: Berhitung, Bermain jarimatika, Anak Usia 4-5 Tahun, Penelitian
Tindakan Kelas
092/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain