Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA LOOSE PARTS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI POS PAUD FLAMBOYAN DESA LEBO KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG - Cd Skripsi
ABSTRAK
Feriyanti, Dani (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan
Melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Pos PAUD
Flamboyan Desa Lebo Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Skripsi, PGPAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet Semarang. 59
halaman
Penelitian ini merupakan suatu kajian tentang peningkatan kemampuan
mengenal konsep bilangan anak melalui media loose parts pada anak usia 4-5
tahun di Pos PAUD Flamboyan Desa Lebo. Tujuan penelitian ini adalah untuk
membuktikan seberapa besar peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan
dan membuktikan jika penerapan media loose parts berhasil meningkatkan
kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di Pos Paud
Flamboyan Desa Lebo Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Untuk mencapai
tujuan tersebut penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas
(PTK), melalui pendekatan kualitatif deskriptif.
Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber data yang
diperoleh berupa sumber data primer. Sumber data ini diperoleh melalui
observasi, wawancara, dokumentasi yang dikumpulkan dari Teman Sejawat, Wali
Murid dan Perserta Didik usia 4-5 tahun.
Berdasarkan pengamatan kondisi awal anak usia 4-5 tahun di Pos PAUD
Flamboyan Desa Lebo Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang, dalam
peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan masih kurang karena hanya
10% (1 anak) yang memenuhi indikator keberhasilan dalam mengenal konsep
bilangan, sehingga perlu diadakan penelitian. Setelah diadakan penelitian tindakan
kelas dapat disimpulkan bahwa media loose parts dapat meningkatkan
kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak. Hal tersebut dapat dilihat dari
kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di Pos PAUD
Flamboyan mengalami peningkatan dan ketercapaian indikator kinerja penelitian.
Pada siklus 1 presentase peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak
mencapai 50% (5 anak) kemudian meningkat menjadi 80% (8 anak) pada siklus 2.
Kata Kunci: Loose Parts, konsep bilangan, mengenal
117/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain