Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ASMAUL HUSNA MELALUI METODE KINESTETIK DI KELOMPOK B PAUD KHAIRU UMMAH CILACAP TAHUN AJARAN 2020-2021 - Cd Skripsi
ABSTRAK
Harti Indah, NPM 2620130271. “Peningkatan Kemampuan menghafal
Asmaul Husna melalui Metode Kinestetik Di Kelompok B PAUD Khairu
Ummah Cilacap Tahun Ajaran 2020-2021”Skripsi. PG PAUD, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet..... halaman
Peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menegmbangkan Aspek
Bahasa terutama dalam menghfal Asmaul Husna. Padahal menghafal asmaul
husna tidak kalah penting dengan menghafal doa sehari-hari. Pentingnya peseta
didik untuk meningkatkan Aspek Bahasa dalam menghafal asmaul husna melalui
metode yang menyenangkan, yaitu metode kinestetik.
Metodologi penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan
tahap mengamati Pra Siklus, melakukan Siklus I dan Siklus 2. Setiap siklus dibagi
menjadi 2 tindakan. Subjek penelitian adalah 5 peserta didik usia 5-6 tahun, ,
indikator keberhasilan mngacu pada Hasil Penialian Keaktifan Peserta didik dan
Indikator Kinerja Guru
Alur pembelajaran menghafal asmaul husna menggunakkan metode
kinestetik yaitu dengan menggnakan gerakan yang menunjukan arti dari asmaul
husna tersebut. Gerakan-gerakan tersebut membuat anak lebih bersemangat dan
mudah dalam mengingat hafalan. Dari hasil penelitian peningkatan hafalan
asmaul husna menggunakan metode kinestetik yaitu 80,00% peserta didik pada
saat pra tindakan masih kurang lancar atau mulai berkembang, lalu meningkat
pada siklus II sebanyak 60,00% menjadi berkembang sangat baik. Selain hafalan
yang menunjukan peningkatan, peserta didik juga mampu membantu teman ketika
temanya keliru menyebutkan arti dari gerakan asmaul husna.
Kata Kunci : Bahasa, Asmaul Husna,Kinestetik
119/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain