Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Skripsi : IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA
PEMBELAJARAN IPS-EKONOMI SECARA DARING DI MA
AL-ASROR KECAMATAN GUNUNGPATI
KOTA SEMARANG - CD Skripsi

Text

Skripsi : IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN IPS-EKONOMI SECARA DARING DI MA AL-ASROR KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG - CD Skripsi

Sahriyani, Tiyas Ayu - Nama Orang;

ABSTRAK
Sahriyani, Tiyas Ayu. (2021). Implementasi Penilaian Autentik Pada Pembelajaran
IPS-Ekonomi Secara Daring di MA Al-Asror Kecamatan Gunungpati Kota
Semarang. Skripsi. Prodi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan Ilmu
Pendidikan Universitas Ivet. 59 Halaman.
Penilaian Autentik (authentic assessment) merupakan suatu proses
pengumpulan, pelaporan, dan penggunaan informasi tentang hasil belajar siswa
dengan menerapkan prinsip-prinsip penilaian, pelaksanaan berkelanjutan, buktibukti autentik, akurat, dan konsisten sebagai akuntabilitas publik (Muchtar, 2010).
Diketahui bahwa MA Al-Asror Kecamatan Gunungpati Kota Semarang sejak
diberlakukannya Kurikulum 2013 telah menerapkan penilaian autentik. Ciri- ciri
penilaian autentik pada umumnya sudah dilakukan tetapi dilihat dari segi kualitas
penilaian belum sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku dan dalam
beberapa observasi penilaian autentik belum terlaksana secara maksimal.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui implementasi penilaian
autentik pada pembelajaran IPS-Ekonomi secara daring di MA Al Asror Semarang;
(2) Untuk mengetahui pelaksanaan penilaian autentik pada Mata Pelajaran IPSEkonomi yang dilakukan oleh Guru; (3) Untuk mengetahui respon siswa dalam
pelaksanaan penilaian autentik pada Mata Pelajaran IPS-Ekonomi; (4) Untuk
mengetahui kendala Guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik pada
Pembelajaran IPS- Ekonomi secara virtual; (5) Untuk mengetahui keefektifan dari
solusi untuk pemecahan masalah penilaian autentik oleh Guru IPS- Ekonomi
secara daring.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan
data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Implementasi penilaian autentik
secara daring pada pembelajaran IPS-Ekonomi di MA Al Asror Semarang sudah
dilaksanakan dengan baik; (2) Pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran
IPS-Ekonomi yang dilakukan oleh guru terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi; (3) Respon siswa terhadap pelaksanaan penilaian autentik secara daring
pada mata pelajaran IPS-Ekonomi mereka lebih senang dengan pembelajaran
daring karena tidak mengharuskan untuk berangkat ke sekolah; (4) Kendala guru
dalam mengimplementasikan yaitu sulitnya guru dalam membuat laporan
penilaian, sulinya guru mengoperasikan alat teknologi, jaringan kurang stabil,
singkatnya sosialisasi, dan kurangnya instruktur dalam pendampingan kurikulum
2013 dari pemerintah: (5) Solusi guru dalam mengimplementasikan penilaian
autentik secara daring dalam mata pelajaran IPS- Ekonomi adalah tingkat
kesadaran guru sudah cukup baik, adanya kegiatan musyawarah guru mata
pelajaran, adanya supervisi, serta penilaian kinerja guru (PKG).
Kata Kunci: Penilaian Autentik, Secara Daring, Pembelajaran IPS-Ekonomi.


Ketersediaan
003/EKO/PUS/II/2021Perpustakaan Pusat (Ekonomi)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
378.2 SAH i
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
21x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
Pendidikan Ekonomi
003/EKO/PUS/II/2021
Tyas Ayu Sahriyani
A1217110013
Info Detail Spesifik
Hard cover warna biru - CD Skripsi jurusan ekonomi
Pernyataan Tanggungjawab
Tiyas Ayu Sahriyani
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN IPS-EKONOMI SECARA DARING DI MA AL-ASROR KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik