Text
Skripsi : PENINGKATAN PENGENALAN AKSARA DENGAN METODE DEMONSTRASI MELALUI KARTU BERGAMBAR PADA ANAK KEL. A TK DHARMA WANITA II CANDISARI KEC. BANSARI KAB. TEMANGGUNG - Cd Skripsi
ABSTRAK
Siti Umiyatun. 2021. Peningkatan Pengenalan Aksara Dengan Metode
Demonstrasi Melalui Kartu Bergambar Pada Anak Kelompok A TK Dharma
Wanita II Candisari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung.
Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Ivet Semarang. 56 halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal aksara
dengan menggunakan media kartu bergambar pada anak kelompok A di TK
Dharma Wanita II Candisari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung.
Kemampuan mengenal aksara yang ditingkatkan ialah menyebutkan simbol huruf,
menunjukkan simbol huruf, dan menghubungkan simbol huruf. Penelitian ini
dilakukan karena adanya permasalahan dalam mengenal aksara di kelompok A.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research), Subjek penelitian ini sebanyak 21 anak. Obyek penelitian dalam
penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengenal aksara menggunakan
media kartu bergambar. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi
dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
instrumen observasi daftar cek (check List).
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak kelompok A di TK Dharma
Wanita II Candisari dapat ditingkatkan menggunakan media kartu bergambar
dalam proses pembelajaran dengan cara masing-masing anak
membawa/memegang kartu bergambar secara langsung dan memainkannya sesuai
instruksi guru yaitu menyebutkan simbol huruf, menunjukkan simbol huruf, dan
menghubungkan simbol huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
peningkatan kemampuan mengenal huruf yaitu pada kondisi awal sebesar 9,2%
meningkat pada Siklus I menjadi 47,6% , dan Siklus II meningkat sebesar 85,7%.
Kata kunci : Aksara, kartu bergambar
123/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain