Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI METODE BERMAIN BALOK KONSTRUKTIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI BA MURNI I KALISAT KECAMATAN BULU KABUPATEN TEMANGGUNG - Cd Skripsi
ABSTRAK
Wida Herlinayanti, Mahasiswa PG PAUD IKIP Veteran Semarang.
Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode
Bermain Gambar Usia 4-5 Tahun Di TK Aba Murni 1 Desa Campursari
Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung. Fakultas IlmuPendidikan, IKIP
Veteran Semarang, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah anak mampu
mengenal bentuk-bentuk geometri; (2) dapat mengelompokkan bentuk
geometri, (3) anak dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari( mampu
membuat bentuk dari balok) .
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang
merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah
tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara
keseluruhan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di BA
Murni 1 Desa Campursari Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung.
Tekhnik Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi.
Hasil Penelitian dari pengenalan bentuk geometri melalui bermain balok
konstruktif telah berhasil meningkatkan proses pembelajaran serta
meningkatkan aktivitas positif anak didik. Peningkatan tersebut dapat dilihat
dari hasil siklus I yaitu peningkatan kemampuan membaca permulaan anak
mencapai 60% dan pada siklus II peningkatan kemampuan sosial emosional
anak mencapai 80%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan bermain balok
monstruktif mampu meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal
bentuk-bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di TK Aba Murni 1 Desa
Campursari Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung.
Kata Kunci: Pembelajaran mengenal bentuk geometri melalui permain balok
konstruktif dapat meningkatkan kreatifitas anak dalam pembelajaran
124/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain