Text
Skripsi : PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI MENGECAP BENTUK DARI BAHAN ALAM PADA PESERTA DIDIK DI TK PERTIWI 2 SANGGE KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI - Cd Skripsi
ABSTRAK
Maryani, NPM. 2620230329. Judul Skripsi “Peningkatan Kreativitas Anak Melalui
Mengecap Bentuk dari Bahan Alam Pada peserta didik di TK Pertiwi 2 Sangge
Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali. Semarang. PG-PAUD. Fakultas Keguruan
Ilmu Pendidikan Universitas IVET Semarang
Kurangnya peningkatan kreatiftas anak dalam pembelajaran serta pola
mengajar yang terlalu monoton oleh guru menyebabkan anak menjadi cepat bosan
dalam menerima pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada
tidaknya peningkatan kreatifitas anak di TK Pertiwi 2 Sangge Kecamatan Klego
Kabupaten Boyolali.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui kegiatan
menggambar mengecap dapat meningkatkan kreatifitas anak kelompok TK Pertiwi 2
Sangge Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali dan juga untuk mengetahui bagaimana
pelaksanaan pembelajaran dengan metode ini dapat meningkatkan kreatifitas pada
siswa TK Pertiwi 2 Sangge Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali.
Subjek penelitian adalah keseluruhan anak di TK Pertiwi 2 Sangge
Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali terdiri dari 8 anak laki-laki dan 9 anak
perempuan yang memiliki kecenderungan kreatifitasnya masih rendah, untuk
kemudian diberi metode menggambar mengecap dalam rangka meningkatkan
kreatifitasnya.
Dari penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: pada siklus I
menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas anak termasuk cukup baik namun belum
memenuhi indikator penilaian, hal tersebut dapat dilihat dari banyak anak yang
termasuk kategori baik sebanyak 10 anak atau 59%, yang terdiri dari kategori
berkembang sangat baik sebanyak 2 anak atau 12%, berkembang sesuai harapan
sebanyak 8 anak atau 47%, mulai berkembang sebanyak 2 anak atau 12%, dan yang
belum berkembang sebanyak 5 anak atau 29%. Sedangkan hasil pengamatan
kolaborator pada observasi kinerja guru sebesar 70% dan keaktifan siswa 58% pada
siklus I. pada siklus II anak yang berhasil dengan berkembang sangat baik sebanyak
15 anak atau 89% yang terdiri dari kategori berkembang sangat baik ada 8 anak atau
47% dan berkembang sesuai harapan sebanyak 7 anak atau 42%, dan kategori mulai
berkembang ada 2 anak atau 11%. Pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan
kreativitas anak sudah meningkat dengan berkembang sangat baik atau sudah
melebihi indikator ketuntasan dalam pembelajaran 75%, oleh karena itu tidak perlu
dilakukan perbaikan pembelajaran atau dengan kata lain penelitian ini dikatakan
berhasil. Sedangkan hasil pengamatan kolaborator pada observasi kinerja guru
mengalami kenaikan sebesar 96% dan keaktifan siswa pada siklus 90%.
Kata Kunci : Mengecap, kreatifitas
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain