Text
Skripsi : MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 2 UNGARAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Khotimah, Aulia Qusnul. 2021. Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran
GogleClassroom Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran.
Skripsi. Prodi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet.
Pembimbing I: Dra. Sri Widayati, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Lili Marliyah, M.P.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi Belajar Siswa Melalui Media
Pembelajaran GoogleClassroom Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas XI SMA
Negeri 2 Ungaran yaitu (1) Bagaimana Google Classroom digunakan sebagai media
pembelajaran IPS Ekonomi belajarsiswa?, (2) Bagaimana respon siswa dalam
pembelajaran dengan menggunakanmedia Google Classroom?, (3) Bagaimana
motivasi siswa dalam pembelajaran IPS penggunaan Google Classroom sebagai
media pembelajaran selama masa pandemiCovid-19?, (4) Kendala yang dihadapi
guru dan siswa serta orang tua dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan media
Google Classroom selama masa pandemic Covid- 19?, (5) Upaya apa yang dilakukan
untuk mengatasi kendala yang dihadapi pada pembelajaran IPS dengan menggunakan
Google Classroom? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik
pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis
data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Implementasi
penggunaanGoogleClassroompada pembelajaran IPS-Ekonomi di SMA Negeri 2
Ungaran Semarang sudah dilaksanakan dengan baik seperti membuat RPP daring
agar penggunakan fungsi dan manfaat Google Classroom dapatdimaksimalkan, (2)
Respon siswa terhadap penggunaan GoogleClassroommerasa senang dengan media
pembelajaran yang digunakan oleh guru, media pembelajaran yang menarik, materi
akan lebih mudah di pahami jika di modifikasi,(3) Motivasi siswa pada penerapan
media pembelajaran google classroom siswa semangat dalam melakukan
pembelajaran karena memberikanwarnabaru
dalamprosesbelajarmengajarterlebihakibatpandemicovid-19, (4) Kendala guru dalam
mengimplementasikan google classroomsecara daring dalam mata pelajaran IPSEkonomi yaitu kehabisan kuota internet, sulinya guru mengoperasikan alat teknologi,
jaringan kurang stabil, melakukan praktikum mandiri dirumah dengan alat dan bahan
seadanya, singkatnya sosialisasi serta kurangnya instruktur dalam pendampingan
pembelajaran daring dari pemerintah serta banyaknya tugas guru di luar jam
pembelajaran di kelas, (5) Solusi yang dilakukan dalam mengimplementasikan
google classroom yaitu memberikan bantuan kuota geratis dari sekolah, dilakukannya
home visit terhadap beberapa siswa yang memilki kendala dalam pembelajaran
daring,dan disediakannyatempatuntukpembelajaranofflinedisekolahuntukanakanakyang memang tidak memungkinkan belajar online namun tetap memenuhi
protokol kesehatan.
Kata Kunci: Google Classroom, Secara Daring, Pembelajaran IPS-Ekonomi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain