Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG (1-15) MELALUI PERMAINAN KERETA ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B (5-6) TAHUN DI TK PERTIWI WANAREJAN KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG - Cd Skripsi
ABSTRAK
NOVI PRATIWI SARI (2619130007) : Peningkatan Kemampuan Berhitung
(1-15) Melalui Permainan Kereta Angka Pada Anak Kelompok B (5-6) Tahun Di
TK Pertiwi Wanarejan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Skripsi Program
Sarjana Kependikan Bagi Guru Dalam Jabatan, Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP
Veteran Semarang.
Pendidikan anak usia dini pada hakikatnya adalah pendidikan yang
diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan
perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan
seluruh aspek kepribadian anak. Pendidikan anak usia dini adalah upaya
menstimulasi, membimbing, mengasuh dan menyediakan kegiatan pembelajaran
yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak. Sesuai dengan
keunikan dan pertumbuhan anak usia dini, penyelenggaraan pendidikan bagi anak
usia dini disesuaikan dengan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak
usia dini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
berhitung (1-15) anak melalui media permainan kereta angka pada kelompok B
(5-6) di TK Pertiwi Desa Wanarejan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas memiliki karakteristik penting yaitu
bahwa masalah yang diangkat adalah masalah yang dihadapi oleh guru dikelas.
PTK memiliki karakteristik yang khas yaitu adanya tidakan untuk memperbaiki
proses belajar mengajar dikelas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan penelitian
tindakan kelas dengan dibagi menjadi dua siklus yang mencakup perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi keempat kegiatan tersebut dilakukan pada
tahap siklus I kemudian apabila hasil belum sesuai dengan yang diharapkan
dilakukan perbaikan pada siklus II dan seterusnya.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh pencapaian pada
pra siklus sebesar 35% sedangkan pada siklus I sebesar 51% dan pada siklus II
86,5% yang berarti terdapat peningkatan pada setiap siklusnya sehingga
menunjukan bahwa kemampuan berhitung anak meningkat melalui kegiatan
bermain kereta angka.
Kata kunci : Pendidikan AUD, Meningkatkan Kemampuan Berhitung, Permainan
Kereta Angka
128/PAUD/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain