Text
Skripsi : PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK KESUMA MARGOYOSO PATI - Cd Skripsi
ABSTRAK
Ariyanndani. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran
Akuntansi Di SMK Kesuma Margoyoso Pati. Skripsi. Prodi Pendidikan Ekonomi.
Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet. 75 Halaman.
Pembelajaran online merupakan suatu kegiatan belajar yang membutuhkan
jaringan internet dengan konektivitas, aksesibilitas, fleksibilitas, serta kemampuan
untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. (Moore et al dalam
Firman dan Sari, 2020). Berdasarkan data yang diperoleh SMK Kesuma Margoyoso
dalam pelaksanaan pembelajaran online memanfaatkan media WA, Google Form,
Google Drive, dan Video. Dalam pelaksanaan pembelajaran online di SMK Kesuma
Margoyoso masih kurang maksimal karena dalam pelaksanaanya guru hanya
menginformasikan materi atau membagikan link video pembelajaran dari youtube
mengenai materi yang akan dipelajari dan membagikan latihan soal tanpa
menerangkan secara langsung kepada peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Persiapan guru dalam menyiapkan bahan
ajar/ materi serta kelengkapan pembelajaran online mata pelajaran akuntansi di SMK
Kesuma Margoyoso; (2) Pelaksanaan pembelajaran online mata pelajaran akuntansi
di SMK Kesuma Margoyoso; (3) Respon belajar siswa dalam pelaksanaan
pembelajaran online mata pelajaran akuntansi di SMK Kesuma Margoyoso.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan
data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini sebagai berikut : (1) Persiapan pembelajaran online pada
mata pelajaran akuntansi di SMK Kesuma Margoyoso guru sudah melakukan
persiapan dengan maksimal karena dalam persiapan pembelajaran online guru tetap
menyiapkan RPP, materi, latihan soal, serta media pembelajaran; (2) Pelaksanaan
pembelajaran online pada mata pelajaran akuntansi di SMK Kesuma Margoyoso
masih kurang maksimal karena guru hanya membagikan materi, latihan soal tanpa
ada penjelasan secara langsung mengenai materi kepada peserta didik, (3) Respon
belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran online di SMK Kesuma Margoyoso
siswa kurang aktif bertanya dengan guru yang berkaitan dengan materi atau latihan
soal selama pelaksanaan pembelajaran online, namun respon siswa dalam pengiriman
tugas sudah baik.
Kata Kunci: Pembelajaran Online, Mata Pelajaran Akuntansi
005/EKO/PUS/II/2021 | Perpustakaan Pusat (Ekonomi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain