Text
Skripsi : STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI OBYEK WISATA GOA KREO SEMARANG DI MASA PANDEMI COVID-19 - CD Skripsi
ABSTRAK
Danang Indarto (2021). Strategi Pengembangan Potensi Obyek Wisata Goa Kreo
Semarang Di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet.
Kota Semarang sendiri mempunyai potensi obyek wisata yang perlu di kaji
secara mendalam untuk dikembangkan di masa yang akan datang, diantaranya adalah
obyek wisata Goa Kreo yang terletak di kelurahan Kandri, kecamatan Gunungpati.
Obyek wisata Goa Kreo ini merupakan suatu produk pariwisata unggulan di kota
Semarang dengan tingkat kunjungan tertinggi pada setiap tahunnya di banding
dengan tingkat kunjungan obyek-obyek wisata lain yang ada di Semarang. Goa Kreo
memiliki potensi dan daya tarik yang sangat memikat karena di sekitar Goa Kreo ini
terdapat hamparan sawah yang luas, tebing-tebing yang curam yang penuh dengan
pepohonan, diantaranya pohon langka dan sungai yang jernih berbatu sehingga
tercipta panorama yang indah. Pengembangan potensi wisata yang tepat dapat
menjadikan Goa Kreo menjadi suatu daerah tujuan wisata yang menarik untuk
dikunjungi.
Berkembangnya virus Covid-19 ini sangat berdampak besar di berbagai bidang
salah satunya bidang Pariwisata. Dalam masa Pandemi Covid-19 tersebut menjadikan
kegiatan kepariwisataan lebih terbatas dan perlu menerapkan protokol kesehatan yang
telah ditentukan pemerintah Kota Semarang.
Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Strategi Pengembangan
Potensi Obyek Wisata Goa Kreo Semarang Di Masa Pandemi dan apa saja faktor dan
kendala yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik wawancara
dilakukan dengan 3 narasumber. Data tersebut selanjutnya, dianalisis menggunakan
metode deskriptif kualitatif dan diuji kualitas datanya menggunakan teknik
triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang tepat dalam mengembangkan
obyek Wisata Goa Kreo yakni membangun industri pariwisata secara terpadu di masa
pandemi yang mempunyai daya tarik wisatawan untuk datang dikota Semarang.
Memperluas dan meningkatkan upaya pemasaran pariwisata agar wisatawan dapat
memperoleh informasi yang lengkap mengenai obyek wisata Goa Kreo sehingga bisa
menarik minat wisatawan untuk datang ke Goa Kreo. Melakukan penyuluhan kepada
masyarakat khususnya dan masyarakat kota Semarang pada dalam upaya menjaga
kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan demi peningkatan potensi obyek
wisata Goa Kreo di masa pandemi. Oleh karena itu, pihak pengelola obyek wisata
Goa Kreo khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Semarang selalu
berusaha untuk terus mengembangkan obyek wisata Goa Kreo apalagi dalam masa
pandemi ini.viii
Kata Kunci : Strategi, Pengembangan Potensi, Goa Kreo
001/GEO/PUS/II/2021 | Perpustakaan Pusat (Geografi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain