Text
Skripsi : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NU 05 BRANGSONG KABUPATEN KENDAL - CD Skripsi
ABSTRAK
Zunita Maharani Safira (2021), Penerapan Model Pembelajaran Discovery
Learning Mata pelajaran Geografi Kelas XI Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
di SMA NU 05 Brangsong Kabupaten Kendal. Program Studi Pendidikan
Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, 58
halaman.
Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilihat dari penggunaan model
pembelajaran yang diterapkan. Model konvensional harus mulai digantikan
dengan pemilihan model pembelajaran saintifik, model pembelajaran saintifk
sangat sesuai dengan pembelajaran abad 21 yang menitikberatkan pada
keterampilan seperti Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and
Innovation, Communication, dan Collaboration. Model discovery learning sesuai
dengan pembelajaran abad 21, karena model ini menjadikan pembelajaran
berpusat pada aktivitas peserta didik. Model discovery learning akan digunakan
dalam pembelajaran geografi kelas 11 IPS SMA NU 05 Brangsong.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perencanaan, pelaksanaan,
evaluasi, dan peningkatan hasil belajar pembelajaran Geografi Kelas 11 dengan
menggunakan model pembelajaran Discovery learning di SMA NU 05 Brangsong
Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Analisis
data yang digunakan berupa triangulasi yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu memasukan model discovery learning kedalam
media elektronik lembar kerja peserta didik (E-LKPD). Lembar kerja tersebut
berisikan sintak pembelajaran discovery learning yang terdiri dari pemberian
rangsangan (stimulus), identifikasi masalah (problem statement), pengumpulan
data (data collection), pengolahan data (data processing), pembuktian
(verification), menarik simpulan/generalisasi (generalization). Hasil dari
penggunaan model discovery learning dalam pelaksanaan pembelajaran geografi
terlihat bahwa semua peserta didik kelas 11 IPS telah mendapatkan nilai diatas
kriteria ketuntasan minimal yang telah ada yaitu sebesar 70, hasil nilai dari peserta
didik dapat dirinci sebagai berikut A rentang 90-100 sebanyak 32 atau 42%
kemudian kriteria B rentang 80-89 sebanyak 28 atau 36% dan kriteria C rentang
70-79 sebanyak 17 atau 22% dari 77 peserta didik. Respon peserta didik dalam
mengerjakan dan mengumpulkan tugas lebih baik. Hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan
hasil belajar peserta didik kelas 11 IPS SMA NU 05 Brangsong pada materi
langkah-langkah mitigasi bencana banjir.
Kata Kunci: Discovery learning, Geografi, Hasil Belajar.
004/GEO/PUS/II/2021 | Perpustakaan Pusat (Geografi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain