Text
Skripsi : PENGARUH MEDIA INTERNET TERHADA PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII SEMESTER GANJIN SMA SANTO MICHAEL SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021 - CD Skripsi
ABSTRAK Marten, butu. 2021. Pengaruh Media Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Kelas XII SMA Santo Michael Jatingaleh, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Sarjana Pendidikan Universitas Ivet Semarang. Pembimbing : Drs. Waskito, M.pd, Siti Nurindah Sari, S.Pd, M.Pd Di era sekarang ini internet merupakan media yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Namun, internet juga bisa membuat anak malas belajar jika digunakan kurang bijak. Penggunaan internet yang tidak tepat dapat menyebabkan penurunan pengaruh pembelajaran anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh internet dan prestasi belajar siswa kelas XII SMA Santo Michael jatingaleh, kecamatan candisari, kota Semarang, serta seberapa besar kontribusi internet dan pembelajaran terhadap perubahan prestasi belajar siswa kelas XII SMA Santo Michael jatingaleh kecamatan candisari, kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Santo Michael Jatingale, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, menemukan 80 siswa. Itu Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik quota sampling dengan jumlah 80 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Tes prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis meliputi analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, regresi linier sederhana, regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil analisis korelasi sederhana dapat dilihat dalam skor Pearson Correlation, untuk internet dengan prestasi belajar siswa adalah 0,487 dengan nilai signifikansi 0,000, untuk motivasi belajar dengan siswanya sebesar 0,490 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena korelasinya nilai berada pada interval 0,40 – 0,599 dan nilai signifikansi > 0,05 maka pengaruh variabel ini berada pada kategori sedang dan terdapat pengaruh yang signifikan. Sedangkan hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan nilai korelasi vii 0,579 dengan nilai signifikansi 0,000, karena nilai korelasi berada pada interval 0,40 – 0,599 dan nilai signifikansi > 0,05, maka pengaruh internet dan motivasi belajar secara bersama-sama berada pada kategori sedang dan ada pengaruh signifikan. Hasil dari internet dan tekad belajar koefisien pada prestasi belajar siswa adalah R2 = 0,302. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh internet terhadap belajar siswa kelas XII SMA Santo Michael Jatingale, Kecamatan Candisari Kota Semarang dengan kontribusi yang besar yaitu 30,2%. Kata kunci: pengaruh media internet terhadap minat belajar siswa
009/GEO/PUS/II/2021 | Perpustakaan Pusat (Geografi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain